Laporan Khusus Ibadah Haji

Hari Ini JCH Asal Inhil, Inhu dan Bengkalis Sudah Berada di Makkah

HM Arifin, Kabag Kesra Inhil

RIAUMANDIRI.CO, MEKKAH - Saat ini seluruh Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Indragiri Hilir sudah berada di Kota Suci Makkah Al- Mukarramah. Jamah ini terdiri dari kloter 3 BTH (Batam Toritorial Haji), kloter 8 BTH dan Kloter 9 BTH.

Jamaah kloter 3 di wilayah Jadwal, hotel no 1101 dan 1102, sedangkan jamaah kloter 8 gabungan JCH Inhil, Inhu, dan Bengkalis, menginap di wilayah Misfalah dengan nomor hotel 905 dan 906,

Sementara, kloter 9 yakni JCH asal Inhil, Dumai dan Kuansing, ditempatkan di wilayah Mahbasjin dengan hotel nomor 601.

"Alhamdulillah, semua JCH sdh selesai melaksakan satu tahapan ibadah, yakni umroh wajib, sebagai salah satu rangkaian ibadah haji dengan mengambil haji Tammatu', disempurnakan dengan membayar DAM," ungkap H.M Arifin, Kabag Kesra Inhil.

Sambil menunggu 9 Zulhijjah, puncak pelaksanaan haji, yakni wukuf di Arafah terus ke Muzdalifah, bermalam di Mina dan melontar jumrah di Jamarat hingga 13 zulhijjah. Di sana berbagai kegiatan akan dilakukan jamaah, tergantung keinginan masing-masing, ada yang mengambil umrah sunnat berulang-ulang dengan mengambil miqat dan Tan'im atau ja'ranah.

Ada yang aktif salat berjamaah di Masjidil Haram, dan i'tikaf membaca Alquan, ada pula yang ziarah ke tempat-tempat bersejarah, seperti ma'la. Di sana ada makam Siti Khadijah, ada yang  ke Jabal Nur, di sana ada Gua Hira tempat di mana Nabi Muhammad SAW pertama menerima wahyu, dan banyak lagi Tempat-tempat lain.

"Namun demikian kami tetap selalu mengingatkan kepada jamaah, bahwa jangan lupa puncak utama ibadah kita adalah wukuf di arafah. Di sanalah nanti kunci dari segala rangkaian ibadah haji. Oleh karena itu, disamping perlu fisik yang sehat juga butuh tenaga ekstra, karena perjalanan yang cukup jauh, di tengah cuaca yang panas bersama jutaan jamaah lainnya dari penjuru dunia," tambah Arifin.

Di tengah-tengah semengat dan motivasi ibadah yang tinggi, karena semua meyakini fadhilah yang amat besar dan tinggi tersebut, semua harus berfikir dan intropeksi untuk meyiapkan energi untuk hari puncak tersebut. 

"Mari kita semua berdoa dan berserah diri kepada Allah, semoga semua JCH senantiasa diberi kesehatan, kemudahan, kelancaran dan melaksana rangkaianan ibadah tersebut," imbuhnya.

Reporter: Herman


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar