Tentang Kami

 

Mengabarkan dengan Cepat dan Akurat

Riaumandiri.co merupakan portal berita yang berada di bawah bendera Haluan Media Group (HMG). Media online ini diluncurkan 29 November 2014. 

Riaumandiri.co telah memiliki Sertifikat Terverifikasi yang dikeluarkan Dewan Pers dengan No: 187/DP-Terverifikasi/K/II/2018 tertanggal 1 Februari 2018.

Riaumandiri.co mempunyai jaringan terluas di Riau dengan memiliki wartawan dan koresponden tersebar di seluruh kabupaten/kota di Riau, dan memiliki koresponden di Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jakarta.

Selain berita-berita Riau yang menjadi andalan kami, Riaumandiri.co juga memuat berita nasional dan internasional. Ragam berita yang kami sajikan meliputi; politik, hukum, budaya, ekonomi, kesehatan, selebritis, teknologi, olahraga, wisata, komunitas, khasanah, dan tips-tips menarik.

Pengunjung Riaumandiri.co meningkat pesat seiring dengan tumbuhnya pengguna internet di Indonesia. Mengakses informasi dari internet kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita sehari-hari. Dunia digital pun terus berubah dari waktu ke waktu. Riaumandiri.co pun berbenah diri. 

Kanal-kanal berita ditambah. Produktivitas sajian berita ditingkatkan demi memberikan sajian informasi yang update dan aktual kepada para pembaca. 

Riaumandiri.co ingin memosisikan diri sebagai media yang selalu menyajikan informasi dalam perspektif yang obyektif, utuh, independen, tidak bias oleh berbagai kepetingan politik, ekonomi, dan kekuasaan.

Karena itu, Riaumandiri.co tidak hanya menyajikan informasi terkini dalam bentuk berita hardnews yang update mengikuti nature-nya media online, tapi juga berita utuh dalam berbagai perspektif untuk menjelaskan duduknya perkara sebuah persoalan yang kerap simpang siur.

Reportase utuh kami sajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari hardnews, softnews/feature, wrap-up berbagai isu yang disajikan tiap hari, liputan khusus yang memberikan kelengkapan update informasi tiap saat, hingga liputan mendalam berupa long-form.

Media online dituntut menyajikan berita secara cepat. Namun, bagi Riaumandiri.co kecepatan bukan segalanya. "Get it first, but first get it right" adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh.

Di era digital dan media sosial saat ini, ketika kebenaran sulit ditemukan di antara lautan informasi, menemukan kebenaran menjadi sangat relevan. Riaumandiri.co tidak ingin menjadi bagian dari kegaduhan (noise) di media sosial. Riaumandiri.co berupaya memberi jawaban atas kegaduhan-kegaduhan itu (voice).

Kami ingin memastikan, Riaumandiri.co bisa menjadi referensi pembaca untuk memvalidasi apakah sebuah informasi itu hoaks atau bukan.

Demi mendapatkan kebenaran jurnalistik itu kami disiplin melakukan verifikasi atas fakta dan data yang kami dapatkan di lapangan atau di media sosial. Ada tiga hal yang menjadi perhatian dalam proses verifikasi: observasi lapangan, narasumber, dan data.

Observasi lapangan adalah prioritas pertama yang kami lakukan untuk mendapatkan fakta orisinal. Semua informasi awal yang kami dapatkan, termasuk informasi dari media sosial, kami cek langsung ke lapangan.

Berikutnya, kami mendalami fakta tersebut dengan mencari narasumber yang dapat dipercaya. Setiap wartawan Riaumandiri.co memastikan narasumber yang dikutip adalah sumber pertama yang berada saat peristiwa terjadi. Informasi dari sumber kedua dan ketiga diperlakukan dengan sikap skeptis.

Selanjutnya, semua informasi dari narasumber wajib dicek dan cek ulang ke pihak-pihak yang terkait dengan topik yang dibahas.

Kredibilitas narasumber menyangkut latar belakang, rekam jejak, dan kredibilitasnya juga menjadi perhatian utama demi mendapatkan pandangan yang obyektif dari mereka.

Untuk melindungi privasi, Riaumandiri.co tidak memublikasikan atau memberi link informasi pribadi nasarumber, seperti nomor telepon dan alamat email. Pembaca yang membutuhkan, bisa meminta kepada redaksi Riaumandiri.co dan akan diberikan atas persetujuan narasumber terlebih dahulu.

Untuk lembaga atau wakil lembaga, Riaumandiri.co menyertakan sumber resmi lembaga sebagai pemberi informasi (misal berupa link siaran pers atau link ke sebuah data) di dalam tubuh berita sebagaimana diatur dalam kode etik jurnalistik.

Untuk data, Riaumandiri.co memastikan data yang diperoleh berasal dari sumber resmi yang kredibel, apakah lembaga pemerintah atau lembaga internasional. Data yang ditampilkan menyebutkan sumber data maupun tautan (link) sumber tersebut.

Sejak berita-berita hoaks marak, Riaumandiri.co secara reguler menjadi bagian dari media massa yang berusaha memverifikasi dan memvalidasi setiap berita hoaks atau fakta yang beredar di masyarakat. Kerja jurnalistik Riaumandiri.co secara otomatis menempatkan diri sebagai fact-checker dari setiap simpang-siur berita yang ada.

Riaumandiri.co akan terus memberikan sajian berita secara cepat, akurat, lengkap dan tepercaya. Jaya pers Indonesia!



[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]







Tulis Komentar