Forum BPD Kampar Lakukan Bimtek Perdana

Senin, 21 November 2016

Kepala BPMPD Kabupaten Kampar Surya Budhi, saat membuka Bimtek Forum BPD Kampar di Ballroom Golden Palace Hotel Lombok NTB, akhir pekan lalu.

LOMBOK (RIAUMANDIRI.co) - Setelah dibentuknya Forum Badan Permusyawaratan (BPD) Kabupaten Kampar beberapa waktu lalu, secara cepat melakukan bimbingan teknis perdananya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kampar Surya Budhi, saat membuka bimbingan teknis Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Badan Pemusyawarïatan Desa (BPD) Se-Kabupaten Kampar di Lombok, Nusa Tenggara Barat, beberapa pekan lalu.

Badan Permusyawaratan Desa merupakan badan legislatif tingkat desa yang mengawasi kinerja aparatur desa. Untuk itu dipandang perlu para BPD memiliki wawasan dan kemampuan teknis dalam menjalankan tugas sehari-harinya.

Tugas BPD pada hakikatnya tidak jauh beda dengan dewan, yakni ikut mengawal program-program yang direncanakan, agar bisa membantu mewujudkan program pemda dalam memantapkan pembangunan pedesaan. hanya saja dewan banyak mengarah ke politik dalam menjakankan tugasnya untuk masyarakat.

Untuk itu, forum dan bimtek perdana yang dilaksanakan merupakan forum pertama semenjak Kabupaten Kampar terbentuk. Dengan diadakannya Bimtek bagi BPD agar lebih berani dan setiap keputusan yang diambil harus berdasarkan musyawarah mufakat. Jika terjadi selisih faham, maka selesaikanlah dengan musyawarah dan terbuka agar program yang dijalankan fokus kepada program yang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Saya berharap dengan bimtek ini dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Kampar sehingga terwujud lima pilar pembangunan secara berkesinambungan. Karena materinya diberikan oleh pihak Kementerian Dalam Negeri,

Pemda Kampar, BPKP Perwakilan Riau serta Kejaksaan Negeri Kampar sesuai dengan materi yang telah ditentukan. Sementara ketua Forum BPD Kampar Sofyan Datuk Majosati, dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota BPD dan BPMPD yang telah bekerja sama hingga terselenggaranya bimtek ini. "Hal ini dilakukan sebagai pertimbangan ke depan karena BPD merupakan dewan terhormat desa serta selalu siap menunjang program pemda kedepan," bebernya. (adv/humas)