Panas di Old Trafford

Ahad, 14 Desember 2014

Robin van Persie

TANAH Britania bakal memanas di akhir pekan ini karena dua rival tradisional Inggris, Manchester United dan Liverpool akan saling bentrok di Old Trafford, Minggu (14/12) malam.

Setan Merah tentu ingin membalas dendam kekalahan memalukan 0-3 dari rival North West mereka tersebut yang dialami pada pertemuan musim lalu.

Ya, kala itu dua gol penalti Steven Gerrard plus penutup kreasi Luis Suarez membuat publik teater impian terdiam, serta membuat karier manajer David Moyes di United semakin berada di ujung tanduk.

Ambisi balas dendam tersebut didukung oleh modal positif yang dimiliki Wayne Rooney cs yang tak terkalahkan dalam lima laga terakhir, termasuk ketika menaklukkan Arsenal dan Southampton di markas lawan.

Sayangnya Louis van Gaal masih dihantui badai cedera yang menimpa timnya. Beberapa pilar seperti Angel Di Maria, Daley Blind, hingga Luke Shaw masih harus menepi karena masalah ini.

Berbanding terbalik dengan tuan rumah, kondisi Liverpool justru tengah labil. Meski tak terkalahkan dalam lima laga terakhir di semua kompetisi, namun The Reds tak bisa meraih poin penuh di dua laga terakhir.

Masih absennya bomber andalan mereka, Daniel Sturridge serta belum konsistennya penampilan pemain-pemain anyar Liverpool membuat Brendan Rodgers pusing tujuh keliling di musim ini.

Lantas, siapakah yang akan tersenyum di akhir laga nanti? Apakah Manchester United sukses memperpanjang tren positif sekaligus membalas dendam? Atau justru tim tamu yang lagi-lagi membuat Old Trafford sunyi?

Roda nasib berputar, atas bertukar dengan bawah. Hal seperti ini biasa terjadi, namun tahun ini semua menjadi spesial karena yang bertukar adalah peruntungan Manchester United dan Liverpool , dua rival yang pertandingannya selalu panas.

Walau begitu, Louis van Gaal tetap wajib mewaspadai pasukan Brendan Rodgers, secara khusus tiga pemain The Reds yang berpotensi jadi penentu hasil di Old Trafford nanti.

Tidak diragukan lagi Steven Gerrard merupakan pemain paling berbahaya di pertemuan ini. Mengingat latar belakangnya yang begitu kental dengan aroma Merseyside, skipper Liverpool itu tentu tahu betul akan makna dari derby North-West.

Meski usianya tidak lagi muda, Gerrard, 34, tetap patut diwaspadai dan menjadi tugas lini tengah United untuk mematikannya guna menghindarkannya berselebrasi mencium kamera!

Wayne Rooney selalu bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya ketika diberi kebebasan saat bermain. Dengan ia yang kini diserahi jabatan sebagai kapten tim, Rooney tentu tidak ingin membuat timnya down dengan melakukan tindakan konyol.

Setelah mendapat kritik menyusul penampilannya yang dianggap tidak baik usai kembali dari Piala Dunia 2014, Robin van Persie kini telah mendeklarasikan bahwa dirinya fit dan semakin tajam.

Dengan insting membunuhnya yang mulai pulih, maka ini adalah sinyal bahaya untuk Liverpool sekaligus kesempatan emas bagi United untuk mendulang kemenangan.

Lini belakang menjadi salah satu permasalahan Liverpool di musim ini. Dalam hal ini, barisan pertahanan The Reds kerap menjadi sorotan dengan mereka yang telah membiarkan 19 bola masuk ke gawang Simon Mignolet di ajang Liga Primer.

Pemain-pemain seperti Martin Skrtel dan Dejan Lovren sering luput dalam koordinasi menghadapi bola mati, pun demikian dengan Kolo Toure dan Mamadaou Sakho. Glen Johnson di sisi kanan serta Alberto Moreno di sisi kiri kerap terlambat turun sehingga membuat pertahanan mereka menjadi kian rentan untuk diserang.

Mendapati fakta seperti demikian, maka United harus bisa menggencarkan serangan dengan menyasar kotak penalti dan menunggu barisan lawan melakukan kesalahan.

Situasi bola mati menjadi peluang United untuk mencetak angka. Dengan buruknya koordinasi lini belakang dan sosok Mignolet yang kerap berbuat kesalahan tidak perlu, maka kesempatan untuk mendapatkan gol kian terbuka.

Jika ada kesempatan, penggawa Setan Merah harus langsung mengarahkan bola yang mereka kuasai ke arah Mignolet dan berharap sang kiper melakukan kesalahan lainnya.(gic/bln/yuk)

===========

Perkiraan Lineup

Manchester United (3-4-1-2)
De Gea; Evans, Carrick, Rojo; Valencia, Fellaini, Herrera, Young; Mata; Van Persie, Rooney.

Liverpool (4-2-3-1)
Mignolet; Johnson, Skrtel, Toure, Moreno; Lucas, Henderson; Lallana, Gerrard, Sterling; Lambert.