Kehadiran Cristiano Ronaldo Angkat Level Liga Italia

Sabtu, 21 Juli 2018

Cristiano Ronaldo

RIAUMANDIRI.CO, TURIN – Direktur AS Roma, Mia Hamm, menyebut kehadiran Cristiano Ronaldo di Juventus akan mengangkat level sepakbola Liga Italia. Karena itu, Hamm menginginkan Roma dan klub Italia lain segera berbenah. Sebab, perhatian pencinta sepakbola dunia saat ini mengarah kepada Liga Italia, seiring kehadiran Ronaldo yang notabene pesepakbola peraih lima trofi Ballon d’Or.

Juventus baru saja membuat rekor fenomenal dengan mendatangkan Ronaldo dari Madrid seharga 100 juta euro (Rp1,68 triliun). Transfer tersebut merupakan yang termahal sepanjang sejarah persepakbolaan Italia.

Meski mengeluarkan uang besar untuk mendaratkan Ronaldo, Juventus tidak cemas. Sebab hanya dalam waktu singkat, mereka mendapatkan pemasukan besar. Hanya satu hari setelah jersey Ronaldo dirilis, Juventus menerima pemasukan bersih USD9 juta atau setara Rp129 miliar.

Hal itu sudah menunjukkan bahwa kedatangan Ronaldo benar-benar menjadi daya tarik bagi pencinta sepakbola dunia. Bukan tak mungkin dengan kehadiran pesepakbola berusia 33 tahun itu, Liga Italia bisa kembali berjaya layaknya di dekade 1990-an hingga awal 2000-an.

Saat itu, hampir seluruh pemain terbaik dunia merumput di Liga Italia. Bahkan, trofi Ballon d’Or bergantian diraih pemain-pemain yang bermain di kompetisi tersebut. Sebut saja George Weah (1995), Ronaldo Luiz (1997), Zinedine Zidane (1998), Pavel Nedved (2003) dan Andriy Shevchenko (2004)

“Bagi kami, kami selalu bersaing dengan Juventus. Kedatangan pemain terbaik dunia di Liga Italia berarti banyak. Saya pikir, standar klub-klub Italia dan juga Roma akan berbeda. Saya pikir, sekarang banyak mata yang tertuju ke Liga Italia. Karena itu, kami harus menaikkan level permainan kami,” kata Hamm mengutip dari Calciomercato, Sabtu (21/7/2018).