Setelah Ditinjau Ketum PSSI, Stadion Utama Riau Segera Direnovasi

Kamis, 13 Februari 2020

Gubernur Riau Syamsuar mendampingi Ketum PSSI Mochamad Iriawan meninjau Stadion Utama Riau. (Foto: RMID/Ihsan)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pihaknya akan melakukan beberapa perbaikan pada Stadion Utama Riau yang diharapkan menjadi venue Piala Dunia U20 pada 2021 mendatang.

Terkait perbaikan tersebut, Syamsuar mengaku sudah mendapat masukan dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan agar Stadion Utama memenuhi standar FIFA. 

Untuk renovasi stadion, Syamsuar menyebutkan ada bantuan dari perusahaan yang beroperasi di Riau yaitu PT RAPP, yang sudah menyatakan kesediaan untuk membantu. Perbaikan akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

"Kami sudah membagi tugas, mana nanti sarana yang dikerjakan perusahaan dan pemerintah daerah," kata Syamsuar, Kamis (13/2/2020).

Syamsuar juga berharap perusahaan lain yang beroperasi di Riau ikut membantu renovasi Stadion Utama. 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI M Iriawan alias Iwan Bule mengkritik kondisi Stadion Utama yang diajukan Pemprov Riau sebagai nominasi venue World Cup U20 2021. Menurutnya, walau Stadion Utama terlihat besar dan megah, tapi masih banyak kekurangan yang harus dipersiapkan.

"Stadion ini cukup besar dan megah, namun memang ada beberap kendala sehingga beberapa tahun tidak terawat. Namun yang pasti rumput pasti diangkat kalau memang jadi venue world cup,” ujar Irawan saat inspeksi Stadion Utama didampingi Gubernur Riau Syasuar dan jajarannya, Kamis (13/2/2020). 

Selain soal rumput, Irawan juga mengatakan bahwa sarana pendukung lain seperti loker ruang ganti harus diadakan, tangga pemain juga harus pakai karpet agar pemain tidak cidera. Sementara itu, bagian luar stadion menurut Irawan juga harus ada renovasi agar terlihat lebih baik.


Reporter: Rico Mardianto