Satu Pedagang Positif Corona, Dua Pasar di Surabaya Ditutup

Kamis, 07 Mei 2020

Pasar Simo Gunung (SS)

RIAUMANDIRI.ID, SURABAYA – PD Pasar Surya mengeluarkan surat edaran terkait penutupan dua pasar di Surabaya. Dua pasar tersebut yakni Pasar Simo dan Pasar Simo Gunung. Dua pasar tersebut ditutup lantaran ada pedagang yang positif corona.

Surat PD Pasar Surya yang beredar benomor: SU-950/01/V/2020) yang ditujukan kepada para pedagang Pasar Simo dan Pasar Simo Gunung. Surat tersebut ditandatangani Direktur dan Teknik PD Surya Muhibuddin dan Direktur Pembinaan Pedagang Taufiqurrahman.

Surat edaran tersebut menjelaskan penutupan pasar dilakukan setelah berdasar hasil rapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP, Bagian Perekonomian dan Usaha Daerah, PD Surya, Camat Sawahan dan Camat Sukomanunggal yang di gelar pada 06 Mei 2020 dikantor Satpol PP Satpol PP. Dalam surat itu disampaikan mulai tanggal 07 Mei 2020, pukul 12.00 WIB hingga 14 hari kedepan, para pedagang Pasar Simo dan Pasar Simo Gunung tidak beraktivitas di dalam pasar.

Sebab dalam surat edaran tersebut dijelaskan, jika dari pemeriksaan swab yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya terdapat pedagang yang setiap hari beraktivitas jualan di Pasar Simo dan Pasar Simo Gunung berstatus positif.

Humas PD Pasar Surya Jaini Iskandar saat dikonfirmasi membebarkan surat yang beredar tersebut.

"Iya benar. Mulai hari ini kedua pasar tersebut dilakukan penutupan selama 14 hari ke depan sesuai dengan protokol kesehatan," kata Jaini kepada detikcom, Kamis (7/4/2020).

"Yang positif sudah meninggal akhir April lalu. Yang bersangkutan memiliki stan di dua pasar itu," lanjut Zaini.

Zaini menjelaskan saat ini para pedagang di dua pasar tersebut dilakukan rapid test oleh Dinas Kesehatan. Nantinya jika hasil rapid test tidak ditemukan pedagang yang hasil tesnya reaktif, maka kemungkinan akan dibuka kembali.

"Kalau nanti negatif. Ada kemungkinan suratnya dicabut dibuka kembali," tandas Zaini.