UAS: Inilah Kali Pertama Saya Sembelih Hewan Kurban

Jumat, 31 Juli 2020

Ustaz Abdul Somad (UAS) saat menyembelih sapi kurban untuk pertama kali dalam hidupnya, Jumat (31/7/2020). (Foto: Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Bertindak sebagai khatib Salat Idul Adha di Lapangan Horse Power Pekanbaru, Riau, Jumat (31/7/2020), Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan hikmah pelajaran yang diambil dari perjalanan hidup Nabi Ibrahim.

"Nabi Ibrahim adalah nabi yang banyak mendapatkan cobaan. Nabi Ibrahim merupakan nabi yang paling lama berdoa dan tidak pernah putus asa. Baru diijabah Allah, Ibrahim mendapatkan anak setelah berumur 86 tahun," kata UAS menggelegar di hadapan ribuan jamaah. 

Salat Idul adha yang diselenggarakan oleh Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU), Horse Power, Indonesia Dai Network dan beberapa lembaga dakwah lainnya ini digelar di Lapangan Berkuda Horse Power, depan Mal SKA Pekanbaru.  

Ribuan jamaah sudah memadati areal Salat Idul Adha sejak pukul 06.45 WIB. 

Ustaz Abdul Somad bertindak sebagai khatib Salat Idul Adha di Lapangan Horse Power Pekanbaru, Riau, Jumat (31/7/2020).

Usai penyelenggaraan Salat Ied dan khutbah, UAS melakukan penyembelihan hewan kurban. 

"Ini berbeda dengan hari raya kurban terdahulu. Idul Adha tahun ini spesial, UAS langsung menyembelih sapi yang dikurbankan melalui Yayasan Tabung Wakaf Umat," kata Ketua Yayasan Alnof Dinar. 
 
Penyembelihan pun menjadi lebih afdol karena langsung dibimbing oleh Juleha. Juleha adalah singkatan dari lembaga Juru Sembelih Halal. Sebuah lembaga yang dibentuk untuk mengedukasi umat bagaimana tata cara penyembelihan hewan yang benar, mulai dari metode, tata caranya, parang bilahnya sampai kepada bacaan yang disyariatkan.

Dikatakan Alnof, total hewan kurban yang dihimpun oleh YTWU adalah 26 ekor sapi dan 1 ekor kambing. 1 sapi dan 1 kambing disembelih di lokasi Salat Ied dan selebihnya disalurkan ke daerah pedalaman suku Talang Mamak, Suku Akit, dan daerah pinggiran Kota Pekanbaru. 

Sementara itu infak, sedekah yang terkumpul dari penyelenggaraan Idul Adha ini berjumlah Rp25 juta. Ada pula jamaah yang mewakafkan 10 gram emas dan mewakafkan uang sebesar Rp15 juta. 
 
Setelah semua senarai acara selesai, UAS berseloroh. 

"Selama ini, jangankan menyembelih sapi, menyembelih ayam pun saya tak pernah. Inilah pertama kali saya menyembelih hewan," ujar UAS  tersenyum.