Riau

Laksamana Indragiri Ditampilkan pada Kontes Batu Akik

ilustrasi

RENGAT (HR)-Sedikitnya 90 batu akik Laksamana Indragiri yang merupakan batu akik asli Indragiri Hulu, ditampilkan pada Kontes Batu Akik di Rutan Rengat, Kamis (23/4).

Selain batu Laksamana Indragiri juga ditampilkan 153 batu akik dari luar Indragiri Hulu.

''Kontes batu akik ini merupakan rangkaian acara peringatan HUT ke-51 Pemasyarakatan yang jatuh pada tanggal 27 April setiap tahunnya,'' ujar Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Rengat Gumilar Budi Rahayu, saat membuka resmi buka kontes batu akik. Selain itu, kontes batu akik ini juga sebagai bentuk dukungan Rutan Rengat kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam berkarya dan berkreasi, khususnya para pecinta batu akik. ''Jika masyarakat yang ada diluar sana demam batu akik, kita dari pihak Rutan juga memberikan kesempatan kepada mereka,'' ujarnya.

Disebutkan, sebagai fasilitas penunjang mengembangkan bakat WBP dalam mengasah batu akik, saat ini pihaknya telah menyediakan dua unit mesin untuk mengasah atau gerinda batu dan satu mesin pemotong. ''Selain menyalurkan hobi, keahlian mengasah batu akik ini juga bisa menjadi lapangan pekerjaan baru oleh para warga binaan pada saat bebas nanti. Apalagi, batu lokal Kabupaten Inhu memiliki daya tarik dan nilai jual tinggi, seperti jenis batu jangek atau yang lazim disebut dengan sebutan Laksamana Indragiri,'' terangnya.

Batu akik yang ditampilkan dalam kontes ini, adalah hasil karya atau goresan tangan para warga binaan. Selain itu, beberapa pihak lain seperti Kejari Rengat, Pengadilan Negeri Rengat serta masyarakat yang berdomisili di seputaran Rutan juga ikut meramaikan kegiatan ini. ''Kontes ini akan dilaksanakan selama empat hari, terhitung mulai hari ini Kamis (23/4) hingga (27/4) mendatang. Untuk tim penilai, kita melibatkan para pengunjung atau pembesuk yang datang ke Rutan Rengat serta para WBP yang tidak tampil dalam kontes ini. Ada tiga kategori batu yang diperlombakan, yakni kategori batu lokal Inhu, batu luar Inhu dan campuran,'' jelasnya.(grc/aag)

 




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar