Riau

Kadiskes: Gunakan Jamban Teknologi Tripikons

ilustrasi

TEMBILAHAN (HR)-Seluruh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir  diajak, menggunakan jamban dengan teknologi tripikons. Langkah tersebut dalam upaya meningkatkan kebersihan lingkungan dan kualitas kesehatan masyarakat di daerah pesisir.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinks) Inhil Alvi Furwanti Alwie, melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Lingkungan Herman Mahat, mengatakan cukup banyak kendala yang ditemui pihaknya dalam penerapan sanitasi keluarga yang bersih dan sehat. Salah satunya yang berkaitan langsung dengan kondisi alam sekitar, seperti daerah rawa-rawa dan perairan.

“Kebanyakan masyarakat kita yang tinggal dan bermukim di pinggiran sungai belum atau tidak menggunakan teknologi penampungan tinja yang baik, sehingga kebiasaan mereka membuangnya langsung ke aliran sungai,” tutur Herman di Tembilahan, belum lama ini.

Oleh karena itu, untuk daerah pesisir di Negeri Seribu Parit ini, Dinkes Inhil coba menerapkan pembangunan dan penggunaan jamban dengan teknologi tripikon, yang dibuat dari pipa berbagai macam ukuran. “Kita sudah buat contohnya sekitar 10 unit, ini untuk menstimulus masyarakat, sehingga mereka mau menerapkannya di lingkungan rumah masing-masing,” terangnya.

Apalagi, lanjut Herman, jamban dengan teknologi tripikons ini sudah pihaknya presentasikan hingga ke tingkat nasional. Dimana untuk Provinsi Riau, Kabupaten Inhil menjadi acuan terhadap pengembangan teknologi tersebut.

“Jadi, jangan ada lagi alasan masyarakat untuk tidak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama di lingkungan rumah tangganya, karena asal ada kemauan, pasti semua itu bisa terwujud,” imbuhnya. (kpc/aag)
 


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar