Nasional

Pasaman Barat Susun Program Pemberdayaan Nelayan

ilustrasi

Simpang Ampek (HR)- Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mulai menyusun sejumlah program unggulan untuk pemberdayaan nelayan pada 2016.

"Meskipun sekarang masih pertengahan tahun 2015, namun program tahun 2016 sudah kita siapkan mulai sekarang," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan Pasaman Barat Zulfi Agus di Simpang Ampek, Jumat (26/6).

Ia menyebutkan, pihaknya sudah mulai membicarakan program tersebut dengan pemerintah pusat khususnya yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Di antara rencana program yang akan dilaksanakan menggunakan DAK adalah lanjutan pembangunan dermaga Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Sasak, bantuan motor tempel, pelatihan teknologi penangkapan dan pengembangan minapolitan.

Selain itu, juga pengembangan PPI Air Bangis, pengembangan operasional PPI Air Bangis dan PP Sasak.

"Program dari DAK itu tentunya nanti akan digandeng dengan dana APBD Pasaman Barat sendiri dengan berbagai macam program bagi nelayan,"ujarnya.

Sebelumnya, khusus dari bidang perikanan tangkap, pihaknya telah memberikan sejumlah peralatan melaut bagi nelayan dalam rangka usaha peningkatan ekonomi.

Ia mengatakan bantuan dari Provinsi Sumbar yang telah diberikan adalah 40 unit long tail, fish box ukuran 550 liter sebanyak 30 unit dan 28 unit jaring udang atau tramel net.

"Bantuan itu diberikan kepada kelompok nelayan miskin melalui penyeleksian dan verifikasi yang jelas,"ujarnya. (ant/ivi)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar