Riau

Dana Desa Sudah Dikucurkan

ilustrasi

SELATPANJANG (HR)-Anggaran bagi desa dari pemerintah pusat sudah masuk ke kas daerah. Walaupun belum sepenuhnya terealisasi, namun anggaran tersebut sudah bisa digunakan dan diambil oleh masing-masing desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Ikhwani akhir pekan kemarin menjelaskan bahwa anggaran pusat untuk desa-desa di Kepulauan Meranti lebih kurang Rp29 miliar. Sementara pencairannya dilakukan dalam tiga tahap.

“Untuk tahap 1 sebesar 40 persen, tahap 2 juga 40 persen dan sisanya sebesar 20 persen dicairkan tahap 3,” ungkapnya.

Menurutnya bahwa anggaran desa diperuntukkan bagi kegiatan dan pembangunan, maka nantinya BPMPD Kepulauan Meranti akan memperuntukkan anggaran tersebut bagi Program Meranti Mandiri (PMM). Apalagi pola pencairan bagi PMM dari kabupaten juga sama dengan anggaran pusat.

“Total anggaran bagi desa tahun ini lebih kurang Rp1,4 miliar bagi masing-masing desa. Di mana setengahnya untuk operasional dan setengahnya lagi untuk pembangunan. Total anggaran tersebut juga sudah include dengan anggaran pusat,” jelasnya.

Sementara jika pola pencairan PMM dalam 3 tahap, maka anggaran operasional desa dicairkan dalam dua tahap yakni 60 persen tahap pertama, sisanya sebesar 40 persen tahap 2.
 “Kalau anggaran operasional tahap 1 hampir seluruh desa sudah dicairkan,” ujarnya. (jos)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar