Usai Lebaran

Petani Kempas akan Panen Raya

ilustrasi

TEMBILAHAN (HR)- Usai Lebaran mendatang, Kelompok Tani Pasundan yang berada di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas akan melakukan panen raya.

"Saat kami melakukan peninjauan ke lokasi kemarin, persawahan Kelompok Tani Pasundan, padinya sudah bunting primordia. Jadi diperkirakan usai lebaran nanti petani disana akan melakukan panen raya," ujar Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir RM Sudinoto, Minggu (12/7).

Lebih lanjut mantan Sekretaris Dinas Perkebunan Inhil ini menjelaskan, padi yang akan dipanen tersebut merupakan jenis padi impala 3. Artinya untuk jenis padi ini hanya perlu waktu 95 sampai 110 hari usai tanam sudah bisa di panen. "Dengan menanam padi ini, maka kita bisa melaksanakan untuk indek penanaman 200 atau dua kali panen dalam setahun," ungkapnya.

Terlepas dari itu, ia juga mengatakan akan melakukan persiapan terhadap setiap kemungkinan terjadinya hambatan di lapangan, terutama di saat musim kemarau seperti saat ini. "Dengan kerja sama seluruh pihak, insya Allah Kabupaten Inhil bisa mencapai target surplus beras," imbuhnya.

Ia menegaskan, selama ini Bupati sangat intens dalam mengawasi pertanian, khususnya swasembada beras. Oleh karena itu, DTPHP Inhil berharap, jika terjadi hambatan di lapangan, segera dikomunikasikan secara bersama. (mg3)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar