Riau

Kades Diminta Kawal Pilkada

ilustrasi

SELATPANJANG (HR) - Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Edy Kusdarwanto minta para kepala desa dan lurah se Meranti  agar melaksanakan tugasnya dengan baik dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Kemudian mengatur dan mengelola keuangan desa serta mengawal penyelenggaraan Pilkada serentak agar berjalan aman. lancar dan damai. Sehingga pesta demokrasi lima-tahunan itu berjalan mulus dan berkualitas.

Pernyataan itu disampaikan Edy Kusdarmanto dalam rapat koordinasi bersama camat, kades dan lurah, di aula Kantor Bupati, Rabu (12/8) kemarin.

Dijelaskan Edy, tugas kepala desa dan lurah sangat strategis karena segala urusan pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat berada di tingkat desa.

Tugas kades selain mengkondisikan masyarakat sebagai objek pembangunan tetapi juga menjadikan masyarakat sebagai subjek atau pelaku pembangunan itu sendiri.

"Urusan pemerintahan yang nyata berada di tingkat desa karena, ketika berbicara masalah kemiskinan dan pendidikan tidak hanya soal angka-angka tetapi langsung menyentuh subjek dan objek (manusianya), berbeda dengan kepala daerah yang dimejanya hanya ada angka-angka,"jelasnya.

Oleh karena itu agar pembangunan yang dilaksanakan berjalan sesuai harapan, dengan semakin kompleksnya peran kades dan lurah sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah.

Diharapkan memiliki semangat tinggi melayani masyarakat, mengelola keuangan desa yang bisa dipertanggung jawabkan. Dan  tak kalah pentingnya mengawal pelaksanaan Pilkada agar aman dan damai.

"Kades jangan sia-siakan amanat dan kepercayaan masyarakat, kemuliaan hanya akan terwujud ketika kades melaksanakan tugas dan fungsinya dengan sepenuh hati,"pesannya.

Besarnya alokasi dana Desa yang dikelola oleh kades dan lurah mulai dari bantuan APBN, APBD provinsi serta kabupaten yang kini melalui Program Meranti Mandiri diharapkan dapat dikelola dengan baik sesuai aturan.

"Kepada kades dana desa harus dikelola dengan sebaik-baiknya, jika menyangkut uang rakyat serupiah-pun harus dipertanggungjawabkan,"sebut Edy lagi.

Turut mendampingi Pj Bupati, Sekdakab H Iqaruddin, Kabag Tata Pemerintahan Yulizar, serta Kabag Humas Ery Suhairi, Kabag umum, para camat, kades, lurah se- Meranti.***




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar