Dunia

Kabut Asap Masih Selimuti Batam

Ilustrasi

Batam  (HR)- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan kabut asap dari kebakaran hutan di Sumatera daratan masih akan menyelimuti Kota Batam, Kepulauan Riau, hingga beberapa hari ke depan.

"Saat ini angin bertiup daritenggara dan barat daya. Kondisinya berubah-ubah. Namun saat bertiup dari barat daya, maka Batam akan berpotensi terus selimuti kabut asap," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Agus Tri di Batam, Minggu (23/8).
Ia mengatakan, saat angin bertiup dari barat daya maka asap dari kebakaran hutan di Jambi, dan Sumatera Selatan terbawa mengarah ke Batam seperti yang terjadi sejak Jumat (21/8), hingga saat ini.

"Kabut asap yang menyelimuti saat ini memang berasal dari Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Pada daerah tersebut masih banyak ditemui titik api," kata dia.
Menurut Agus, jarak pandang di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan memang masih sangat terbatas, meskipun paparan yang terjadi di Batam belum mengganggu aktivitas warga.

"Kalau angin bertiup dari tenggara atau selatan, Batam tidak akan terdampak kebakaran itu. Karena saat ini masih dari barat daya, maka dampaknya sampai ke Batam," kata Agus.


Wilayah Batam hampir setiap tahun terpapar asap akibat kebakaran lahan dan hutan yang terjadi pada wilayah Smatera dan Kalimantan.
Posisi Batam yang terletak di barat Pulau Kalimantan mengakibatkan sering terpapar asap dari pulau tersebut saat angin bertiup ke barat.
Demikian juga jika angin bertiup dari barat daya, barat, dan barat laut, Batam akan terpapar dampak kebakaran hutan pada wilayah Sumatera.

"Di wilayah Batam atau Kepulauan Riau relatif jarang terjadi kebakaran hutan apalagi sampai mengakibatkan asap pekat. Yang sering terjadi adalah terpapar dari kebakaran di provinsi lain," kata Agus. (ant/ivi)


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar