Nasional

BMKG: Tidak Ada Titik Api di Sumbar

Ilustrasi

PADANG (HR)-Asap yang mulai menyelimuti daerah Sumatera Barat beberapa hari terakhir, dipastikan berasal dari provinsi tetangga. Pasalnya, menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Padang, tidak ada titik api terpantau di daerah itu.

"Kita tidak memantau adanya titik api di Sumbar hingga 24 Agustus 2015. Tetapi untuk provinsi yang berada di Selatan Sumbar memang cukup banyak," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman Budi Samiaji, Selasa (25/8).
Menurutnya, asap yang menyelimuti Sumbar kemungkinan berasal dari arah Selatan, karena menurut pantauan satelit, angin bertiup dari Tenggara Selatan menuju Barat Daya melewati Sumbar.

Meski pihak BMKG Padang tidak bersedia menyebutkan asal asap tersebut, tetapi menurut pemantauan satelit terra dan aqua, titik api terpantau di Provinsi Riau, Jambi dan Bengkulu. Menurut dia, kabut asap tersebut belum mengganggu.
"Jarak pandang di bandara BIM masih 5.000 meter dan tidak mengganggu penerbangan," katanya. Kabut asap yang mulai menyelimuti Sumbar itu mulai meresahkan sebagian masyarakat, karena sebelumnya daerah itu pernah mengalami pengaruh buruk dari kabut asap. (ant/aag)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar