Nasional

Pemkab Lingga Cari Pinjaman Rp50 Miliar

Ilustrasi

Lingga (HR)-Pemerintah Kabupaten Lingga berencana mencari pinjaman kepada pihak ketiga sebesar Rp 50 miliar untuk mengakomodir sejumlah kegiatan yang belum terlaksana akibat defisit anggaran dalam APBD 2015.

Plt Sekda Kabupaten Lingga, M Aini mengatakan, kondisi keuangan Pemkab harus diakui sangat minim, sehingga sejumlah kegiatan tertunda pelaksanaannya. Untuk itu, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sedang ajukan usulan pinjaman kepada pihak ketiga.

"Kita ajukan pinjaman kepada pihak ketiga, sebesar Rp 50 miliar. Nanti kita sampaikan juga ke legislatif dan Mendagri. Poin-poin kegiatannya sudah kita tentukan, termasuk juga akomodir anggaran dana di Panwaslu serta hibah," ujarnya di Lingga, Selasa.

Dijelaskan Aini, pinjaman ini bukan bersifat pribadi atau instansi, namun kebijakan daerah dengan berbagai pertimbangan. Artinya, bukan hanya tanggung jawab bupati, namun lebih kepada kebijakan kepala daerah untuk mencari pinjaman, agar kemampuan anggaran untuk diserap SKPD terakomodir.

Jika pinjaman disetujui, dia memprediksi jangka pinjaman kepada pihak ketiga, yakni Bank Riau Kepri akan dilakukan selama lima tahun. Namun, hal itu dilaksanakan setelah mendapat rekomendasi dari legislatif maupun Mendagri. "Kemungkinan dengan pinjaman pihak ketiga. Ini dimaksud untuk mengendalikan kondisi daerah, supaya kembali normal," kata dia.(ant/rio)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar