Pekanbaru

Pemko Dinilai tak Miliki Program Penanganan Bencana

Ilustrasi

PEKANBARU (HR)-Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal, meminta Pemerintah Kota Pekanbaru menganggarkan dana taktis untuk bencana dalam. Karena selama ini belum ada program Pemko terkait penanganan bencana, terutama dana yang sifatnya urgen.

"Kita berharap Pemko Pekanbaru menganggarkan dana taktis yang bisa digunakan sewaktu-waktu jika terjadi benca alam. Jika di APBD-P 2015 ini belum dianggarkan, kita harapkan di APBD murni 2016 nanti bisa diajukan," ucapnya, Selasa (15/9).
Dana taktis yang dianggarkan tentunya bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu bila terjadi bencana alam, dengan tidak terlalu menunggu anggaran Provinsi ataupun pusat jika dalam keadaan darurat.

"Pemko tentunya perlu menyadarkan hal ini. Sebagai contoh, seperti kabut asap sekarang, jika ada dana taktis, daerah kita bisa bersikap cepat mengambil tindakan. Misalnya membuat posko kesehatan antisipasi dini penyakit Ispa," ungkapnya.
Posisi Kota Pekanbaru yang berada di tengah Pulau Sumatera tentunya berada di geografis yang rentan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. "Kita memang jauh dari gunung dan laut, namun kita mesti ingat bencana alam bisa datang dari mana saja, baik dari alam sendiri dan bisa saja akibat ulah manusia," ujarnya. Ditambahkan Nofrizal, jika anggaran telah ada, tentunya Pemko Pekanbaru bisa memaksimal anggaran yang tersedia. (ben)
 




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar