Pertama di Indonesia

PN Pekanbaru Terapkan e-SKUM

Mesin e-SKUM yang ditempatkan di lobi utama PN Pekanbaru.

PEKANBARU (HR)-Setelah menerapkan Sistem Aplikasi SMS Gatesway untuk pelayanan informasi perkara dan Aplikasi Pelayanan Bantuan Gelegasi online, kini, Pengadilan Negeri Kelas I A Pekanbaru kembali menerapkan inovasi pelayanan publik yang diberi nama elektronik Surat Kuasa Umum untuk membayar (e-SKUM).

Dikatakan Ketua PN Pekanbaru, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Rabu (16/9) kalau aplikasi e-SKUM merupakan pelayanan umum mengenai panjar biaya perkara.

"Ini (e-SKUM) pelayanan bagi pencari keadilan melakukan penghitungan atau menaksir sendiri panjar biaya perkara," ujar Pudjo biasa Ketua PN Pekanbaru disapa, yang didampingi Panitera/Sekretaris PN Pekanbaru Tavip Dwi Yatmiko.

Lebih lanjut, Pudjo menyebut kalau inovasi pertama di Indonesia ini bermula dari persoalan-persoalan dari pihak-pihak yang akan mengajukan permohonan terkait perkara perdata.

"Menghitung panjar biaya perkara merupakan persoalan tersendiri bagi tugas kepaniteraan dan pencari keadilan. Prosedur yang lama terkesan berbelit-belit, disederhanakan dengan aplikasi SKUM," terang Pudjo.

Setelah memastikan berapa panjar biaya perkara yang harus dibayar, Pudjo menyebut kalau masyarakat dapat melakukan pendaftaran perkara dan menyetor panjar biaya perkara PN Pekanbaru
dengan menggunakan mesin EDC atau ATM BNI/ATM bersama dan tidak perlu bolak balik ke bank dan pengadilan.

Apalagi, sebut Pudjo, saat ini PN Pekanbaru tengah mengikuti kompetisi pelayanan publik dalam ranah peradilan Indonesia pada 22 Oktober 2015 mendatang. "Aplikasi kita anggap layak dan akan kita majukan dalam kompetisi tersebut. Selain sebagai persembahan kita untuk keterbukaan dan bagi para pencari keadilan," imbuh Pudjo.

Dalam kesempatan tersebut Pudjo juga menegaskan kalau pihaknya terus mengembangkan inovasi-inovasi berbasis teknologi dalam setiap lini permasalahan di PN Pekanbaru. "Kami sudah mempersiapkan inovasi-inovasi lainnya, sepeti tilang, izin sita dan perpanjangan penahanan.

Mudah-mudahan, dengan tim IT kita, ini bisa segera diwujudkan," pungkas Pudjo.Sebagai informasi, mesin e-SKUM PN Pekanbaru telah dilaunching pada Jumat (11/9) kemarin. Dan ditempatkan di lobi utama PN Pekanbaru yang merupakan bagian dari meja informasi dan sebagai bagian dari meja I Kepaniteraan Muda Perdata.(dod)


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar