Di Pasir Limau Kapas

Baru Dua Kepenghuluan Miliki Posyandu Lansia

Kepala Puskesmas Panipahan, dr Netty Juliana, memberi pengarahan kepada warga lanjut usia di Posyandu Lansia, Senin (28/9).

PANIPAHAN (HR)-Baru dua kepenghuluan di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rohil, yang memiliki Posyandu Lansia. Pemkab setempat melalui Dinas Kesehatan terus berupaya melakukan pembinaan terhadap pihak kepenghuluan dan kader agar memiliki Posyandu Lansia di Kepeghuluan yang belum memiliki.

“Untuk perkembangan Posyandu Lansia di Kecamatan Palika ini baru dua kepenghuluan yang melaksanakan yakni Teluk Pulai dan Panipahan Darat,” kata dr Netty Juliana, Kepala Puskesmas Panipahan, Senin (28/9).

Pihaknya mengapresiasi kerja sama Tim Penggerak PKK dua kepenguluan itu yang dipimpin Legina di Teluk Pulai, Ani Mustar Ali, di Kepenghuluan Panipahan Darat, yang telah membantu lansia agar dekat mengakses fasilitas kesehatan dan meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Meski baru dua kepenghuluan, pihaknya menargetkan semua kepenghuluan memiliki Posyandu Lansia yang diupayakan Pemkab Rohil melalui Dinas Kesehatan (Puskesmas Panipahan) dengan membimbing kader posyandu agar memiliki posyandu lansia disetiap kepenghuluan, minimal satu Posyandu Lansia.

“Dan kita juga sudah dihubungi Tim Penggerak PKK Kepenghuluan Panipahan Laut, Evi Edi Syahrial akan melaksanakan posyandu lansia bulan Oktober ini,” ujar Netty.

Salah satu strategi yang diterapkan agar semua lansia bisa datang ke posyandu lansia, mereka memilih waktu pelaksanaan sore hari, mulai pukul 14.00 WIB, karena merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial.

“Posyandu Lansia merupakan bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan usia lanjut. Kegiatan ini tentunya perlu dukungan dari keluarga seperti mengingatkan jadwal dan mengantar lansia posyandu,” ujar Netty.(rtc/hen)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar