Rokan Hulu Creative Carnaval Tahun 2015

Bupati Achmad Lepas Pawai

Bupati Achmad dan anggota DPRD Riau asal Rohul Maghdalisni melepas pawai Rokan Hulu Creative Carnaval tahun 2015, Minggu (11/10), di jalan lingkar Pasir Pengaraian.

PASIR PENGARAIAN (HR)-Sekitar seribuan warga Pasir Pengaraian berjejer rapat di trotoar Jalan Tuanku Tambusai, Pasir Pengaraian untuk menyaksikan pelepasan peserta pawai Rokan Hulu Creative Carnaval tahun 2015 oleh Bupati Rokan Hulu, Achmad, di halaman Pasar Modern Pengaraian, Minggu (11/10).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Rokan Hulu, Hafith Syukri, Sekda Rohul, Damri Harun, Forkompinda, dan tamu undangan baik yang berasal dari Provinsi Riau maupun luar Provinsi Riau.

RCC diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan RCC M Zen yang menyampaikan, untuk menyukseskan kegiatan tersebut anggarannya diperoleh melalui APBD Rohul tahun 2015. Tujuannya sebagai ajang menghibur masyarakat sekaligus mempromosikan Kabupaten Rokan Hulu ke tingkat manca negara.

Selain itu, RCC tahun 2015 ini juga diadakan sebagai ajang silahturahmi dan ajang promosi hasil kreativitas masyarakat dengan membuat miniatur hewan. Dampak dari acara tersebut, kata M Zen untuk meningkatkan ekonomi pedagang.

Usai menyampaikan laporan, acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin Kepala Kementerian Agama Rohul, Ahmad Supardi Hasibuan. Dalam doanya, Kakan Kemenag meminta kepada Allah agar mengampuni dosa-dosa para pemimpin dan masyarakat Rohul pada umumnya sekaligus mendokan agar kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Sementara itu Bupati Rokan Hulu, Achmad, dalam sambutannya menjelaskan miniatur hewan yang ditampilkan dalam RCC tersebut bukan untuk sirik dengan menyembah hewan, tapi dibuat untuk mengajak masyarakat agar mencintai hewan. Karena sebagian satwa saat ini habitatnya terancam punah akibat keserakahan.

“Jangan salah tafsir dan ingin meluruskannya. Bahwa duplikat hewan ini ditampilkan bukan karena sirik dengan menyembah hewan. Ini dibuat dalam rangka mencintai satwa karena sebagian satwa terancam kepunahaan karena habitatnya. Mudah-mudahan ini kegiatan ini akan menjadi kado terakhir dan menjadi kenangan sebagai Bupati Rohul, yang dikemas melalui RCC," bebernya.

Dalam sambutannya Bupati dua periode ini juga memberikan apresiasi atas kedatangan warga sekaligus tamu dari 8 provinsi dan dua negara serta 12 kabupaten/kota yang ada di Riau yang hadir dalam RRC tersebut. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan bersempena dengan perayaan hari HUT ke-16 Rokan Hulu yang jatuh pada 12 Oktober 2015.   

“Sempena HUT ke-16 Rohul ini juga diadakan Kemilau Rumpun Melayu yang dilaksanakan di gedung daerah pada Minggu malam, yang dihadiri dua negara Malaysia dan Singapura.

 Sedangkan puncak kegiatan dilaksanakan hari ini, Senin (12/10) yang ditandai dengan digelarnya apel pagi dan promosi 116 macam kulinner di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, termasuk antraksi dan kesenian rakyat.

Pawai RCC diikuti 31 mobil hias dengan mengusung miniatur berbagai macam hewan. Untuk peserta pawai rute dimuai dari halaman Pasar Modern Pasir Pengaraian dan berakhir di Taman Kota Pasir Pengaraian.

 Sedangkan rute mobil hias, titik mulai dan akhir di jalan lingkar Pasir Pengaraian. Pawai tersebut diikuti seribuan warga yang didominasi warga lokal yakni Desa Rambah Tengah Utara. (adv/humas)


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar