Riau

Masyarakat Diminta Jadi Pelopor Berlalulintas

Z Pandra Arsyad

SELATPANJANG (HR)- Kepala Kepolisian Resort Kepulauan Meranti, AKBP Z Pandra Arsyad, minta kepada pengguna jalan raya di Kepulauan Meranti agar menjadi pelopor keselamatan lalulintas.

Menggunakan Helm standar bagi pengendara roda dua, dan menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara kendaraan roda ampat.

Hal itu untuk menjamin keselamatan pengendara hingga sampai tujuan. Tujuan dekat apalagi jauh haruslah tetap mematuhi aturan lalulintas.  Aturan dibuat untuk menjamin ketertiban saat berlalulintas di jalan raya.

Ingatlah bahwa jalan raya itu dibangun untuk kepentingan masyarakat luas. Siapapu berhak menggunakannya. Silahkan lewat dengan mengendarai kenderaan bermotor. Tapi saat berkendara itu kit diminta agar patuh aturan. Ada aturan kecepatan ada aturan berhenti dan rambu-rambu lalulintas lainnya. Itu harus kita patuhi bersama.

Jadi aturan penggunaan helm yang standar, bukan untuk kepentingan pihak Polisi atau hanya “takut” akan ditegur petugas di jalan raya jika tidak menggunakan helem. Tapi hendaknya takut pada aturan hukum yang dibuat.

“Jadi walaupun Polisi tidak tegak di pinggir jalan, hendaknya seluruh pengguna jalan raya menjadi pelopor keselamatan berlalulintas itu,”ungkap Kapolres Pandra, kepada Haluan Riau di Selatpanjang Jumat kemarin.

Tertib di jalan raya, akan menghindari terjadinya kecelakaan. Artinya kecelakaan yang terjadi umumnya karena ketidaktertiban pengendara saat berada di jalan raya. Untuk itu kita berharap bagi orangtua yang memiliki anaknya dalam usia masih belum memiliki SIM hendaknya melarang anaknya untuk berkendara.

Selain itu, ada aturan yang jelas bagi setiap pengendara mulai dari penggunaan helm, SIM, sabuk pengaman, dan surat-surat kendaraan lainnya. Dan saat berkendara hal itu haruslah lengkap.

"Dan yang tidak kalang pentingnya juga tambah Kapolres Pandra adalah ketertiban masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Sebab pajak tersebut akan digunakan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan,”tambah dia.(jos)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar