Dinas BMP Siak

Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Bupati Siak, Syamsuar menerima penghargaan terbaik dua Nasional kategori Pekerjaan Umum Sub Bidang Bina Marga, Jumat (5/12).
JAKARTA (HR)-Kabupaten Siak kembali mendulang prestasi di tingkat Nasional. Kabupaten yang dipimpin Syamsuar ini meraih peringkat dua terbaik dalam hal pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Siak.
 
Prestasi ini merupakan gambaran keberhasilan Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Siak dalam menyelenggarakan pembangunan. Ada lebih dari 400 kabupaten/kota se Indonesia yang dinilai, dan Siak mampu menduduki posisi nomor dua terbaik nasional. Penilaian dilakukan pada kategori Pekerjaan Umum Sub Bidang Bina Marga.
 
Penyerahan penghargaan tersebut digelar pada malam penghargaan Pekerjaan Umum 2014 di gedung serbaguna lantai 8  Kantor Kementerian PU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/12) malam. "Alhamdulillah, Siak bisa meraih penghargaan bergengsi ini," ujar Bupati Siak Syamsuar usai menerima penghargaan. Ikut serta dalam acara itu, Kadis Bina Marga dan Pengairan Siak Irving Kahar dan Kepala Bappeda Yan Prana Jaya, Kabid Bina Marga Ardi Irfandi.
 
Prestasi harus jadi motivasi untuk peningkatan kinerja, karena infrastruktur yang ada saat ini masih terus ditingkatkan. Sebagai kabupaten eks pemekaran Bengkalis yang berusia 15 tahun, infrastruktur terasa sangat diperlukan dan menjadi salah satu fokus penting.
 
"Awalnya kita memang ingin sejajar dengan kabupaten lain, meski kita masih tergolong muda," ungkap Syamsuar. Karena itu Pemkab terus memacu percepatan pembangunan infrastruktur demi kemakmuran rakyat, baik itu melalui APBD, APBD provinsi dan juga APBN Selaku kepala daerah. Ia menegaskan pembangunan infrastruktur menjadi program prioritas.
 
 
Bercerita soal penghargaan, Syamsuar mengakui Pemkab sama sekali tak menyangka bisa meraih ini. Karena sebagai daerah otonomi baru, tentunya infrastruktur masih dirasakan kurang, dibandingkan dengan daerah lain (induk). Bahkan tidak ada target yang pernah terbayangkan ketika Tim Kementerian PU dan tim independen melakukan penilaian. Namun kenyataanya berbeda, dimana Siak meraih posisi terbaik kedua tingkat nasional di level kabupaten.
 
Kadis Bina Marga dan Pengairan (BMP) Siak Irving Kahar menambahkan. Dalam melakukan penilaian, tim datang secara keseluruhan melakukan penilaian kinerja pemerintah daerah, bidang pekerjaan umum untuk infra kebinamargaan. Bahkan, yang dinilai itu adalah bagaimana kondisi jalan, peraturan-peraturan serta regulasi yang menyangkut dengan jalan yang didukung oleh pemerintah.
 
Dari penilaian itu, poin tertinggi berada pada penilaian pemeliharaan jalan, karena dinas terkait sudah miliki peralatan yang memadai. Infrastruktur bina marga yang dibangun kondisinya dalam keadaan baik. Kata dia, tiga tahun lalu, Siak masuk ke dalam lima besar (2011, 2012 dan 2013) dan 2014 berada di posisi kedua. (adv/hms)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar