Riau

Giat Razia Antisipasi Senpi Ilegal

Ilustrasi

DUMAI (HR)- Penyalahgunaan senjata api dan air softgun masih acap terjadi di Kota Dumai. Sesuai catatan, dalam tahun ada empat kasus penyalahgunaan senjata api dan air softgun yang diungkap jajaran Polres Dumai.Untuk itu, POlres Dumai giat laukan razia.

Kapolres Dumai, AKBP Suwoyo menyebut, pihaknya berupaya mengantisipasi peredaran senpi di Dumai.

 Begitu juga penyalahgunaan air softgun. Maka pihak kepolisian berupaya melakukan upaya preventif seperti rutin menggelar razia serta sosialisasi kepada masyarakat.

Razia rutin digelar terutama di wilayah pintu masuk Kota Dumai. "Sebab, sangat rawan senjata jenis ini disalahgunakan. Kita komitmen mengawal ketat peredaran senpi ini," tegas Suwoyo, akhir pekan lalu.

Dijelaskannya, masyarakat sipil yang kedapatan menyalahgunakan senpi, bisa dijerat Undang–Undang Darurat No.12 Tahun 1951 tentang Senjata Api dan Amunisi Ilegal.

Ia mengimbau agar masyarakat yang mendapat informasi, perihal senpi atau amunisi ilegal, bisa melaporkan kepada pihak kepolisian. "Kepemilikan senpi harus sesuai dengan aturan hukum dan tidak boleh seenaknya saja. Apalagi senpi tersebut tidak bisa digunakan sembarangan," ingat Kapolres.(zul)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar