Riau

IPHI Bisa Bantu Ekonomi Masyarakat

Bupati H Herliyan Saleh membuka Rakor IPHI Riau di Hotel Suzuka Duri, Kecamatan Mandau, Sabtu, ( 24/1).

DURI (HR)– Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh mengemukakan, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia merupakan potensi pembangunan yang sangat besar untuk memajukan pembangunan kabupaten/kota di Provinsi Riau. Baik itu dalam pembangunan akhlak maupun pengembangan potensi ekonomi umat.

''Dengan jumlah anggota yang banyak dan setiap tahunnya bertambah, banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Misalnya, membantu perekonomian masyarakat golongan yang kurang mampu untuk bangkit menjadi masyarakat yang mandiri,'' ujar Bupati H Herliyan Saleh ketika membuka Rapat Koordinasi (Rakor) IPHI Provinsi Riau di Seruni Meeting Room Hotel Suzuka, Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (24/1).

Menurut Bupati, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu perekonomian masyarakat golongan ekonomi lemah yang dapat dilakukan IPHI, diantaranya dengan mendirikan lembaga keuangan yang berbasis syariah.

Dikatakannya, setiap tahunnya anggota IPHI di Riau bertambah sekitar 4.500 orang. Jika setiap orang berkontribusi Rp. 1 juta untuk membantu perekonomian masyarakat melalui lembaga keuangan tersebut, maka dalam setahun terhimpun dana Rp4,5 miliar sebagai modal.

''Dengan dana tersebut dan apabila dikelola dengan baik, saya percaya banyak masyarakat yang perekonomiannya kurang mampu yang bisa terbantu. Sebagai salah satu bentuk keshalehan sosial, ke depan hal-hal seperti ini dapat diwujudkan dan menjadi salah satu kegiatan IPHI Riau,'' harap Herliyan.

Di bagian lain, Herliyan berharap IPHI Riau untuk senantiasa meningkatkan pembangunan akhlak dan moral masyarakat. Membentengi masyarakat dari dampak negatif pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi.

Apalagi saat ini, imbuhnya, pengaruh budaya yang bertentangan dengan norma-norma kehidupan yang Islami akibat pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi tersebut sangat besar. Seperti, seperti narkoba, kemaksiatan, miras, kenakalan remaja dan sebagainya.

Hal senada disampaikan Ketua IPHI Riau H Asyari Nur dan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau H Tarmizi Tohor. Selain H Asyari Nur dan H Tarmizi Tohor, hadir juga dalam pembukaan Rakor IPHI Provinsi Riau di Hotel Suzuka Duri tersebut, diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkalis H Jumari dan Sekretaris Daerah Bengkalis H Burhanuddin. Hadir juga dalam Rakor tersebut pengurus IPHI Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai.(adv/hms)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar