Jelang Natal dan Tahun Baru

Stok Pangan Aman

Ilustrasi

PASIR PENGARAIAN(HR)- Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Rokan Hulu, menjamin stok berbagai jenis kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Rokan Hulu, hingga jelang Natal dan Tahun Baru 2016 masih terpenuhi dengan aman di pasaran.

"Berdasarkan laporan dan pengawasan di lapangan, bahan pokok cukup tersedia. Meski demikian kita tetap menghimbau kepada pedagang agar tidak menyetok sembako dalam jumlah besar dengan tujuan memanfaatkan momen natal dan tahun baru. Karena hal itu melanggar aturan,” ujar Kepala BKP3 Rohul, M Ruslan, melalui Sukardi, selaku Kasi Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Selasa (15/12) di ruang kerjanya.

Ia mengakui, menjelang hari besar keagamaan umat Kristiani permintaan berbagai jenis kebutuhan bahan pokok mengalami lonjakan. Tapi hal itu bisa diatasi dengan musim panen petani saat ini. “Soal kenaikan harga sembako, kita tidak terlalu khawatir, soalnya musim saat ini sudah memasuki musim panen. Jadi, menurut hemat kami, menjelang Natal dan Tahun  baru kenaikan harga sembako masih terjangkau dan tidak signifikan,” terangnya.

Adapun ketersediaan sembako dalam kurun waktu tiga bulan kedepan di Kabupaten Rohul, kebutuhan beras 15.329 ton, Produksi 14.365 ton, pasokan 1.450 ton. Kebutuhan cabe merah keriting 1.175 ton, produksi 54.00 ton, pasokan 1.143 ton. Kebutuhan daging sapi 1.031 ton, produksi 421 ton, pasokan 634 ton. Kebutuhan daging ayam 861 ton, produksi 189 ton.

Kemudian harga sembako di pasaran saat ini antaralain, beras medium sebelumnya Rp12 ribu sekarang masih Rp12 ribu per kilogram (kg), cabai merah keriting sebelumnya Rp57 ribu sekarang Rp40 ribu per kg, cabai rawit sebelumnya Rp40 ribu sekarang Rp40 ribu, bawang merah sebelumnya Rp25 ribu sekarang Rp35 ribu, bawang putih sebelumnya Rp20 ribu sekarang Rp25 ribu per kg, daging sapi tetap Rp1.10 ribu per kilo dan daging ayam ras juga tetap senilai Rp23 ribu per kg.(gus)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar