Gagasan

Program Pemda Siak Diharapkan Merakyat

SUGIANTO Wartawan Haluan Riau

Selama ini masyarakat menilai program pemerintah masih belum mengena. Pasalnya, masih banyak dijumpai masyarakat yang mengeluh akan adanya tuntutan ekonomi keluarga, fasilitas pekerjaan, sehingga mereka berusaha mencari pekerjaan di luar daerah  untuk memenuhi kebutuhannya, kususnya masyarakat yang berada di kampung terisolir, yaitu Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

Memang, selama ini ada perhatian pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat di sana dengan cara dibuatkan tapak rumah, lahan pertanian dan perkebunan. Namun hal tersebut tidak bisa dinikmati masyarakat. Pasalnya, mereka (warga Teluk Lanus, red) tidak dapat pergi keluar masuk daerah lain setiap minggu untuk bekerja mencari modal menggarap lahan tersebut, karena kapal penyeberangan sudah tidak gratis lagi seperti dahulu.

Warga berharap, sebagai masyarakat Teluk Lanus tentunya sangat mendukung sekali program-program pemerintah Kabupaten Siak selama ini, namun mereka harapkan program Pemda agar lebih merakyat lagi, seperti ditingkatkannya bantuan Rumah layak Huni, Raskin, sembako murah dan bantuan sosial. Mereka berharap, bagaimana caranya Pemda dapat mengontrak kembali kapal penyeberangan, agar mereka tak kewalahan lagi.

Selain itu juga, kepada Pemda Siak agar dapat mempertimbangkan segala program atau kegiatan yang sifatnya seremonial, diantarannya kegiatan yang terkesan menghambur-hamburkan uang rakyat, yang apabila uang rayak itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat kurang mampu, tentunya sangat membantu sekali. Bandingkan saja, kegiatan seremonial yang dilakukan Pemda banyak sekali menelan anggaran yang sangat fantastis, hingga miliaran rupiah, namun kalau anggaran tersebut digunakan membantu masyarakat miskin, khususnya masyarakat yang rumahanya tidak layak dihuni, tentunya sangat bermanfaat sekali.

Sang Kades di sana berharap, ke depan program Pemda Siak agar lebih merakyat, khususnya program bantuan sosial kepada masyarakat, serta difokuskan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pembinaan ke masyarakat yang terarah dan kontinyu, sehingga pendapatan masyarakat bisa semakin meningkat. Selain itu, khusus Rumah Layak Huni kalau bisa tahun depan bisa ditambah, karena masih banyak masyarakat yang miskin atau kurang mampu membutuhkan rumah yang layak.

Untuk itu, diharapkan Pemda Siak lebih bisa mempertimbangkan lagi kegiatan yang sifatnya seremonial. Sebab masyarakat berharap, bukanlah terkenal di luar daerah, melainkan yang mereka harapkan segala kebutuhan ekonomi, tempat tinggal dan segala kebutuhan lainnya bisa tercukupi, setidaknya mempermudah masyarakat melakukan usaha dan mengembangkan usaha dalam segala hal tanpa ada kendala. ***




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar