Riau

Komjen Pol Jepang Datang di Siak

Kabaharkam Polri komjend Putut Eko Bayu Seno.

SIAK (HR) - Banyak pihak yang menanyakan apa maksud kedatangan Komjen Polisi Negara Jepang, Natao Kasatko saat peresmian pos Bhabinkamtibmas di Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kamis (29/1).

Ia hadir bersama rombongan Kabaharkam Polri komjend Putut Eko Bayu Seno. Putut Eko Bayu Seno saat dimintai keterangan menjelaskan, Komjen Polisi Natao Kasatko sengaja diundang dalam acara ini, untuk melihat hasil pembentukan Bhabinkamtibmas di Indonesia.

"Negara Jepang merupakan negara yang menggagas program Polmas untuk menciptakan Kamtibmas mulai dari tingkat desa. Setelah berhasil menerapkan di negaranya, Jepang mengembangkan pemikiran program itu ke penjuru dunia," kata Komjen Putut Eko Bayu Seno.

Harapannya, Natao Kasatko bisa memberikan evaluasi, saran-saran untuk peningkatan upaya mewujudkan kamtibmas, melalui penugasan 1 orang Bhabinkamtibmas di tiap desa. Anggota Polri yang ditugaskan di tiap desa memiliki tanggung jawab untuk membina Polmas.

Natao Kasatko membenarkan hal itu. Ia mengakui keberhasilan program Bhabinkamtibmas yang mulai digalakkan di Kabupaten Siak. Dilihat dari upaya pemerintah menyediakan fasilitas bangunan, dan strategi pembinaan dan koordinasi dengan masyarakat. Serta buku pintar yang diterbitkan Mabes Polri sebagai acuan para petugas Bhabinkamtibmas di tiap desa. "Di negara saya juga ada Bhabinkamtibmas, konsepnya sama, memiliki tugas yang sama," ujar Natao Kasatko. (lam)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar