Riau

Petani Ridan Permai Panen Bawang Merah

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Hendri Dunan saat panen bawang merah di Desa Ridan Permai.
BANGKINANG (riaumandiri.co)- Petani asal Desa Ridan Permai, Kecamatan Bangkinangkota, Suprapto melakukan panen bawang di atas lahan seluas 1000 meter yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kampar, Hendri Dunan, Senin (1/2) kemarin.
 
Hendri Dunan  mengatakan, dengan bibit bantuan dari pusat sebanyak 80 kg, Suprapto berhasil menanam bawang dengan subur dan buahnya yang merah.
 
"Saya sangat senang dengan banyaknya masyarakat yang telah terpancing,  mengerti dan memahami bagaimana cara menanam bawang dengan baik dan benar hingga berhasil," ujarnya.
 
Setelah melihat pilot project yang ada di Kubang dan Geringging, saya berharap petani lainnya juga tergugah untuk mananam bawang, hingga swasembada bawang yang nantinya diharapkan di Kabupaten Kampar akan segera terwujud.
 
Hendri menyebutkan bahwa masyarakat tidak perlu takut untuk mencoba menanam tanaman yang baru seperti bawang merah. Yang terpenting, PH tanahnya cocok dengan tanaman bawang dan perawatan yang baik.
 
“Yakin sajalah, tidak ada yang tidak mungkin dan mustahil terjadi di bumi ini. Sepanjang kita serius dan sungguh-sungguh, atas izin Allah pasti akan berhasil, namun sebaliknya bila tidak berungguh-sungguh, emaspun ditanam tidak akan memberikan hasil apa-apa,’’ ungkapnya.
 
Sementara itu, pemilik kebun bawang Suprapto, mengharapkan kepada dinas terkait untuk membantu petani mencari pasar untuk bawang merah hasil kebunnya. Dengan adanya pasar yang jelas, petani akan terus semangat untuk kembali lagi mengembangkan tanaman bawang ini dengan membuat kelompok tani dan lainnya.(dom)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar