Riau

Waspadai Penyakit Pascabanjir

Ilustrasi

PASIRPENGARAYAN (riaumandiri.co)-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul Drg. Griffino Deliardi mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya tetap waspada terhadap penyakit yang timbul pascabanjir.

Imbauan ini disampaikan terkait banjir yang melanda Rohul sejak beberapa hari terakhir.Adapun jenis penyakit yang mudah merebak pascabanjir antara lain, demam berdarah dengue, diare dan penyakit kulit.

Untuk itu masyarakat diharapkan membersihkan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk. Hal ini disampaikan Griffino Deliardi, kemarin.
Sebagaimana informasi yang didapat, curah hujan diperkirakan akan terjadi sampai akhir bulan Februari.

Dan tidak tertutup kemungkinan akan terjadi lagi banjir dan akan terdapat genangan air yang akan menyebabkan semakin berkembangnya nyamuk malaria.

Ditambah lagi, akibat banjir akan banyak tempat-tempat penampungan air, terutama Sumur warga yang tenggelam dan mambuat air sumur jadi kotor.

Untuk itu Diskes Rohul bekerja sama dengan BPBD, BMPP dan Dinas Sosial untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan pembersiahan parit, memberikan serbuk abate juga akan melakukan fogging di tempat-tempat rawan DBD.

Kepada Warga yang rumahnya terendam banjir agar memberikan abate di sumur. Abate bisa diminta ke Puskesmas terdekat.

"Kita sudah persiapkan bubuk abate di setiap Puskesmas secara gratis untuk diberikan kepada warga yang membutuhkannya," kata Grif.
Di samping itu juga Griffino mengimbau kepada warga aga melakukan 3 M, yakni mengubur barang-barang bekas yang menampung air, menguras tempat-tempat penampungan air yang biasa digunakan untuk mandi, cuci, kakus (MSK) serta menutup bak mandi sehingga nyamuk malaria tidak bisa berkembang di tempat tersebut.(adv/humas)


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar