Penilaian Adipura 2015

Kebersihan Lingkungan Perlu Ditingkatkan

ILUSTRASI.

BENGKALIS (HR)-Peningkatan kesadaran warga dalam membersihkan lingkungannya menjadi salah satu kendala yang dirasakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk bisa meraih kembali Piala Adipura tahun 2015.

Dari penilaian tahap pertama, Desember tahun lalu, dari sisi kebersihan lingkungan, nilai Bengkalis memang sedikit di bawah. Walau secara umum nilai diperoleh pada tahap awal tersebut, sudah memenuhi grade ataupun standar yang ditetapkan.

"Untuk kebersihan lingkungan memang perlu menjadi perhatian khusus bagi kita. Karena dari sisi ini nilai kita tidak terlalu tinggi. Ini menjadi PR bagi kita untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kebersihan lingkungannya," ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pasar Bengkalis, Indra Gunawan kepada sejumlah wartawan, Selasa (3/2).

Dikatakan lndra, untuk sosialisasi kebersihan lingkungan ini, pihaknya bekerja sama dengan ketua RT/RW. Mengingat RT/RW pihak yang berhubungan langsung dengan warga.

Menyinggung Adipura Kencana yang diperoleh andai tahun ini Bengkalis kembali mampu memboyong piala Adipura ke Bengkalis sebagai Kota Kecil Terbersih, Indra menjelaskan, jika anugrah piala Adipura Kencana diberikan bukan karena berturut-turut memperoleh penghargaan Adipura seperti tahun-tahun sebelumnya, namun ada penilaian khusus atau ada hal spesifik yang dinilai tim dari suatu daerah.

"Untuk Adipura Kencana diberikan kepada daerah yang punya kelebihan khusus dalam hal penanganan kebersihan, bukan karena berturut-turut mendapatkan penghargaan Adipura," terang Indra.

Kendati  tingkat partisipasi masyarakat masih rendah dalam kebersihan yang terlihat dari kebersihan lingkungan yang belum maksimal,namun Indra tetap optimis piala Adipura dapat kembali diboyong ke Bengkalis. (man)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar