Jelang Pelaksanaan UN SMA

Siswa Diingatkan Selalu Optimis dan PD

Ilustrasi

BENGKALIS (riaumandiri.co)-Ujian Nasional atau UN untuk SMA/MA tahun 2016 atau tahun pelajaran 2015/2016 akan dilaksanakan mulai hari Senin (4/4) hingga Rabu (6/4) mendatang. Sedangkan untuk UN susulan dilaksanakan seminggu kemudian. Yaitu (11/4) hingga Rabu (13/4)

Berdasarkan jadwal UN SMA/MA tahun 2016, pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia dan Kimia (untuk Program IPA/Peminatan IPA), Bahasa Indonesia dan Geografi (Program IPS/Peminatan IPS), serta Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia (untuk Program Bahasa/Peminatan BB)

Sedangkan di hari kedua, Matematika dan Biologi (IPA), Matematika dan Sosiologi (IPS) dan Matematika Antropologi (Bahasa/BB). Sementara di hari terakhir UN, Bahasa Inggris dan Fisika (IPA), Bahasa Inggris dan Ekonomi (IPS), serta Bahasa Inggris dan Bahasa Asing (Bahasa/BB). Begitu juga untuk UN susulan.

Mengingat UN kian dekat, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, mengingatkan seluruh peserta didik atau pelajar SMA/MA yang akan ikut UN harus optimis. Harus percaya pada kemampuan diri sendiri. Tidak menyontek. Serta tidak percaya adanya bocoran jawaban. Begitu juga para orang tuanya.

UN itu, katanya, berguna untuk mengukur kemampuan diri seorang peserta didik. Kalau dikerjakan dengan menggunakan bocoran kunci jawaban, bagaimana dapat mengetahui nilai sebenarnya yang diperoleh diri sendiri. Selain tindakan itu curang, rasa percuma belajar tiga tahun kalau soal-soal UN dikerjakan dengan mengandalkan bocoran jawaban.

"Karena itu, baik siswa maupun orang tua siswa jangan percaya adanya bocoran jawaban UN. Apapun bentuknya, apakah melalui pesan singkat dan sebagainya, pokoknya jangan percaya bocoran jawaban," pesan mantan anggota DPRD Bengkalis dari Partai Golongan Karya ini, Rabu (30/3).(man)
 




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar