Riau

Hari Ini, 12.835 Siswa SD Ikuti US

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Supardi.

BENGKALIS (riaumandiri.co) - Sebanyak 12.835 siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Bengkalis akan mengikuti Ujian Sekolah  yang digelar 16-19 Mei 2016.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Supardi, Minggu (15/5) mengatakan, ada 12.835 siswa SD dan MI yang akan mengikuti US besok.

Sejumlah 12.835 siswa yang mengikuti US tersebut, berasal 351 sekolah yang tersebar di 8  kecamatan Kabupaten Bengkalis. "Untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) 304 sekolah, SD Swasta 27 sekolah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 sekolah dan MIS 20 sekolah,'' terang Pardi.

Jumlah siswa terbanyak mengikuti US di Kecamatan Mandau sebanyak 5.817 disusul Kecamatan Pinggir 2.125 siswa. Kecamatan Rupat 752 siswa dan Kecamatan Rupat Utara 347 siswa.

Masih kata Pardi, untuk Kecamatan Bengakalis sebanyak 1.728 siswa, Kecamatan Bantan 765 siswa, Kecamatan Bukit Batu 839 siswa dan Kecamatan Siak Kecil 462 siswa.

"Kepada siswa yang akan mengikuti US, kita berharap agar dapat diberikan ketenangan dan kesehatan sehingga dapat mengikuti US dan bisa lulus semua dengan nilai yang memuaskan,'' pungkasnya.
Tinjau US

Berbeda dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA sederajat, pelaksanaan hari pertama untuk Ujian Sekolah (US) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2016, Bupati Bengkalis Amril Mukminin akan melakukan peninjauan di Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

"Jika untuk UN tingkat SMP dan SMA di hari pertama Bupati Bengkalis melakukan peninjauan di Pinggir dan Mandau, untuk US SD sederajat akan dilakukan di Bengkalis dan Bantan. Jadwal untuk itu sudah diagendakan beliau dan hingga setakat ini belum ada perubahan," jelas Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri, Minggu (15/5).

Namun demikian, Johan belum memperoleh informasi SD mana yang akan ditinjau orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Informasi yang diterimanya baru sebatas titik dan jam kumpul para pejabat yang akan mendampingi. Yaitu di kediaman resmi Bupati Bengkalis Wisma Daerah Sri Mahkota pada pukul 07.15 WIB.

Untuk diketahui pelaksanaan US SD akan dimulai Senin (16/5) sampai Rabu (18/5) atau tiga hari dengan waktu pelaksanaan dari 08.00-10.00 WIB. Sedangkan untuk US susulan Senin (23/5) sampai Rabu (25/5) dengan waktu pelaksanaan yang sama.

Pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia. Sedangkan hari kedua dan ketiga Matemati dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan masing-masing soal 50, 40 dan 40 butir. Berbeda dengan UN SMP dan SMA yang soalnya dari pusat, untuk US soalnya dari Provinsi Riau.n. (man)


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar