Ikuti Sidang Regional DKP di Jatim

Siak Konsisten Penuhi Kebutuhan Pangan

Bupati Syamsuar (tiga kiri) foto bersama dengan Sekretaris DKP Kementerian Pertanian Gardjita Budi usai pembukaan Sidang Regional DKP Kabupaten Kota wilayah Barat di Surabaya.

SIAK (riaumandiri.co)-Bupati Syamsuar selaku Ketua Ketahanan Pangan Daerah bersama Bupati dan Walikota se-Regional Wilayah Barat mengikuti Sidang Dewan Ketahanan Pangan (DKP), Senin (16/5) malam di Hotel Mercure Grand Mirama-Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian yang diwakili oleh Sekretaris DKP Kementerian Pertanian Gardjita Budi. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan guna memenuhi kebutuhan di masing-masing daerah, sekaligus membuka akses masyarakat dalam peningkatan produksi pangan.

Di sela-sela sidang, Bupati Syamsuar menyampaikan, pertemuan ini sangat tepat untuk mendongkrak keberhasilan produksi padi dan tanaman pangan lainnya di Siak.

"Kabupaten Siak memiliki komitment dalam meningkatkan produksi pangan, hal ini sejalan dengan prioritas pembangunan nasional," ujar Bupati.

Target yang ingin dicapai, lanjut Bupati Syamsuar, pertama hasil pertanian bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Siak.
 "Sebagai tindak lanjut komitmen ini, Pemerintah Kabupaten Siak telah meletakkan pembangunan ketahanan pangan sebagai prioritas pembangunan daerah.

Apalagi Kabupaten Siak telah dipilih dan ditetapkan oleh Kementerian Pertanian RI, sebagai satu-satunya daerah yang menjadi Taman Teknologi Pertanian di Riau, lokasinya di Kecamatan Sungai Mandau," tutur Syamsuar.

Guna menyukseskan program ini, Bupati mengajak masyarakat Siak untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk bercock tanam, seperti halnya umbian atau tanaman pangan lainnya.

"Pemanfaatan lahan pekarangan rumah kita galakkan, sekaligus menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat," kata H. Syamsuar.

Sidang Regional DKP Wilayah Barat ini berlangsung dari tanggal 16-18 Mei 2016 yang diikuti sebanyak 154 kabupaten/kota. Selain itu hadir Gubernur Jawa Timur Sukarwo selaku tuan rumah.(adv/hms)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar