Riau

Tongkang Hantam Tugboat, Satu ABK Hilang

Masyarakat dan petugas Satpol Air mencari ABK kapal Hikmah Rizki di perairan Sungai Siak.

KOTO GASIB (riaumandiri.co)-Kecelakaan di Sungai Siak, kembali terjadi Rabu (18/5) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Hal itu setelah kapal tongkang Markopolo 378 yang mengangkut kayu akasia, menghantam kapal tugboat Hikmah Rizki, yang tengah bersandar di Kampung Buatan I, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak.

Dalam peristiwa itu, satu orang anak buah kapal (ABK) tugboat Hikmah Rizki, yakni Adi Roy Susanto, diketahui hilang. Sedangkan nahkoda kapal bersama empat ABK lainnya selamat. Hingga Rabu sore kemarin, pencarian masih terus dilakukan.

Menurut informasi di lapangan, peristiwa itu bermula ketika kapal tongkang Markopolo 378 tengah ditarik kapal tugboat Maju Daya 25 melintasi Sungai Siak. Namun saat melintasi lokasi kejadian, tongkang itu menghantam kapal tugboat Hikmah Rizki. Buntutnya, kapal itu pun sempat hanyut dan akhirnya tenggelam.
Seperti dituturkan Kapolsek Kotogasib, Iptu Dafris, SH, saat peristiwa itu terjadi, kapal Hikmah Rizki sedang bersandar di


Tongkang Kampung Buatan I. Ketika itu, nahkoda bersama lima ABK lainnya tengah tidur dan beristirahat di dalam kapal.

"Ketika tabrakan itu terjadi, seluruh ABK kapal Hikmah Rizki tengah tertidur. Sekitar pukul 02.00 WIB, nahkoda kapal Arzon terbangun karena mendengar ada sesuatu yang jatuh dari tempat tidur. Ketika keluar dari rumah kapal, ia melihat bodi kapal sudah tenggelam," terang Kapolsek.

Ketika itu, Arzon bersama salah seorang ABK bernama Poltak Ronal Simanjuntak, berenang mengikuti kapal yang hanyut. Keduanya berhasil mendarat di bibir sungai dan langsung meminta bantuan pada nelayan sekitar.

Dengan dibantu seorang nelayan bernama Safrizal, mereka berhasil menyelamatkan tiga ABK lainnya yang ikut hanyut bersama kapal.

Awalnya, mereka melihat ABK lain, yakni Rosnan (40, masinis) dan Ahmad Yani (27. juru mudi) tengah hanyut di atas rumah kapal. Tak berapa lama, giliran ABK lainnya, Riswan, ditemukan sedang berenang. "Ketiganya berhasil diselamatkan. Sementara Adi Roy Susanto belum ditemukan," tambahnya.

Ketika peristiwa itu terjadi, kapal tugboat Hikmah Rizki sedang menarik kapal tongkang. Sementara tugboat Maju Daya 25 menarik tongkang Markopolo 378 yang ketika bermuatan pulp berlayar dari PT Indah Kiat menuju Sei Pakning.

"Proses pencarian masih berlangsung. Masyarakat di sekitar lokasi ikut membantu mencari ABK yang hilang itu," tutupnya. (lam)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar