Uji Coba Nuklir

Kerry: AS dan Cina Segera Beri Sanksi Korut

John Kerry

BEIJING (riaumandiri.co)-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, mengatakan negaranya dan Cina bertekad sepenuhnya menegakkan sanksi terhadap Korea Utara, Selasa (7/6). Kerry mengatakan di akhir pembicaraan tingkat tinggi di Beijing.

Sanksi tersebut dikatakan akan diberlakukan secepatnya. Sebelumnya, AS dan Cina telah mencapai kemajuan dalam membahas rancangan resolusi PBB untuk memperkuat sanksi Korea utara. Hal ini setelah adanya peluncuran roket dan uji coba nuklir yang dilakukan negara itu.

Kerry mengatakan rancangan akan disahkan secepatnya. Ia juga menjelaskan rancangan ini akan melampaui semua resolusi yang pernah dikeluarkan PBB.

Sebelumnya, Cina enggan mendukung sanksi yang dapat mengancam stabilitas Korea Utara. Meski demikian, Cina tetap mengecam hal yang dilakukan negara tetangganya itu.

Peluncuran roket jarak jauh Korea Utara dilakukan pada Februari, setelah uji coba nuklir dilakukan. hal ini dinilai sebagai pelanggaran resolusi PBB dan mendorong dewan keamanan menyelenggarakan rapat darurat. (irc/aag)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar