Konsisten Kembangkan UMKM di Pekanbaru

Pemko Gelar Pameran dan Bazar

Walikota Pekanbaru H Firdaus, didampingi Kadisperindag, Ingot Hutasuhut saat memperlihatkan tas daur ulang hasil kreatif masyarakat Kota Pekanbaru yang diikutsertakan dalam City Expo rangkaian Munas Expo V di Jambi.

PEKANBARU (riaumandiri.co)-Pemerintah Kota Pekanbaru konsisten mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai sektor ekonomi kreatif menambah roda pendapatan daerah.


Berbagai terobosan terus dilakukan untuk meningkatkan kinerja UMKM agar dapat menghasilkan produk- produk berdaya saing tinggi, kemudian memperkenalkannya kepada masyarakat luas.


Seperti yang sedang berlangsung saat ini sejak 27-31 Juli mendatang, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Koperasi menggelar pameran dan bazar UMKM sekaligus final duta Koperasi, di Lapangan Air Mancur Mall SKA Pekanbaru.


Diharapkan melalui pameran yang diadakan berbagai produk yang dihasilkan lebih dikenal dan tersebar luas, mengingat salah satu kelemahan dari UMKM adalah lemah dalam berpromosi meski sebenarnya produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang cukup baik.


Melalui pameran dan bazar pelaku UMKM dapat menggali berbagai masukan dari sesama pelaku UMKM mapun masyarakat pengunjung. Artinya, inovasi dan kreasi mutlak sangat dibutuhkan sehingga produksi yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk-produk pabrikan, apalagi dalam upaya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).


"Ini merupakan rangkaian Mall to Mall Expo yang telah dirancang bersama oleh berbagai stakeholder di Pekanbaru," kata Walikota Pekanbaru, Dr.H.Firdaus melalui Sekretaris Koperasi, Ardiansyah Eka Putra, saat membuka kegiatan.


Mewakili walikota Pekanbaru, Yayan sapaan akrabnya menyebut bangga dengan pelaku usaha yang telah berpartisipasi dalam kegiatan. Menurut dia kegiatan merupakan upaya Pemko dalam rangka peningkatan pasar bagi para pelaku usaha di Kota Pekanbaru. Meski baru pertama kali dibuka untuk tahun 2016, Pemko sangat mengapresiasi kegiatan karena mendapat perhatian dan respon positif dari masyarakat pengunjung.


"Kepercayaan masyarakat harus terus dijaga, diantaranya dengan produk yang berkualitas dan terjamin, pelaku UMKM juga pentig mengikuti bazar dan pameran ini. Karena bertujuan untuk meningkatkan pemasaran, kepercayaan pembeli terhadap produk yang dibuat, mengenal potensi persaiangan dan hal lain," kata dia.
Pemerintah Kota Pekanbaru, lanjut Yayan, optimis melalui kegiatan pameran dan bazar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat juga menggali potensi sektor perekonomian.


"Pemerintah Kota Pekanbaru terus berupaya untuk konsisten mengembangkan UMKM sebagai sektor ekonomi kreatif menambah roda pendapatan daerah. Bazar UMKM diharapkan dapat memberi suatu motivasi untuk lebih meningkatkan semangat dan rasa cinta pada produksi dalam negeri," harap Yayan.


Kegiatan Bazar UMKM 2016 mengusung misi sebagai bagian integral dari pembangunan kota yang dianggap menjadi salah satu media efektif penyebarluasan informasi, promosi dan peluang investasi bagi para produsen di Kota Pekanbaru. Turut hadir saat pembukaan pameran dan bazar waktu itu, Kadis Pariwisata Hermanius, Ketua APBI Riau, Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Riau.(adv/humas)


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar