Menuju Swasembada Pangan

Camat Verifikasi Lahan Kelompok Tani

Perhentian Raja-Untuk mempercepat pelaksanaan program swasembada pangan yang akan diwujudkan Kabupaten Kampar, tim teknis dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan hortikultura Kabupaten Kampar, turun ke lokasi di Kecamatan Perhentian Raja dan Kecamatan Gunung Sahilan.

Hal ini untuk melaksanakan koordinasi dan verifikasi terhadap kelompok tani yang diusulkan sebagai pelaksana Program Swasembada Pangan pada masing-masing desa/kelurahan. Pencapaian swasembada pangan kabupaten untuk menuju Kampar yang zero kemiskinan, pengangguran dan rumah-rumah kumuh.

Demikian dikatakan Camat Perhentian Raja, Afrizal Abra, menjelaskan instruksi Bupati Kampar yang disejalankan dengan program lima pilar pembangunan untuk menjadikan Kecamatan dan desa Swasembada Pangan Perhentian Raja di aula rapat kantor camat, Selasa (10/2).

Camat Perhentian Raja, Afrizal Abra, menjelaskan, petani yang sudah memiliki lahan dan sudah mengolah, agar lebih giat. Kalau ada yang belum memiliki modal bibit, setelah verifikasi lahan nanti ke depan akan ada bantuan bibit dari Dinas  Pertanian. Hadir dalam rapat para kepala desa, kelompok tani di kecamatan, termasuk Petugas Penyuluh Lapangan.

Ditambahkan Camat, ada 8 kelompok tani di Perhentian Raja yang sudah di data, umumnya bertanam cabai, bawang, setelah rapat tim dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kampar selaku pendamping, melaksanakan koordinasi dan verifikasi terhadap kelompok tani yang diusulkan sebagai pelaksana program swasembada pangan pada masing-masing desa/kelurahan.

Disamping kelompok pertanian, Afrizal menambahkan, ada juga 11 kelompok perikanan dan  7 kelompok peternakan dari 5 desa di Perhentian Raja. Camat menegaskan kepada Ketua Kelompok Tani yang hadir soal kesanggupan dan komitmen. Mereka harus sudah mulai mengolah lahan sekurangnya kesiapan lahan dan secara teknis akandiawasi dan dibantu oleh PPL.

Berkenaan masalah modal, apakah itu berupa bibit ataupun dana pinjaman akan diatur dengan Dinas terkait. Berapa luas lahan yang ada milik kelompok tani, masalah tanaman yang akan ditanami kelompok tani itu apa saja. "Hal ini akan dipastikan terlebih dahulu," ujar Afrizal Abra.

Sementara itu, di Kecamatan Gunung Sahilan, sebanyak 9 kepala desa dan 6 kelompok tani yang hadir pada rapat sosialisasi percepatan Swasembada Pangan Desa.

Camat Gunung Sahilan, Dasman mengatakan, bahwa sipa untuk menyukseskan program ini, "Kecamatan Gunung Sahilan siap untuk melaksanakan program Swasembada Pangan Desa. Hal ini tentunya bersinerginya antara pemerintah kecamatan, desa dan kelompok tani," ujarnya.(adv/humas)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar