Hikmah

Nkmatnya Menyeduh Kopi Terbaik di Australia

Kopi Australia

JAKARTA(RIAUMANDIRI.co) - Jika datang ke Australia,Anda harus menikmati “kopi” adalah aktivitas yang wajib dilakukan. Minum kopi, bagi warga Australia kini, telah menjadi gaya hidup. Bisnis kopi di Australia berkembang sangat pesat dan kedai kopi mudah ditemui di setiap sudut kota. Salah satu kedai kopi yang wajib dikunjungi adalah Bean Roasters! By Cosmorex Coffee.

Kedai kopi ini baru saja memenangi medali emas dalam Australian International Coffee Awards 2016, ajang penghargaan bergengsi untuk kopi terbaik se-Australia. Wangi kopi menyeruak ketika masuk ke dalam kedai yang berlokasi di Kembla Street, Fyshwick, Canberra, Australia, tersebut. Begitu membuka pintu, meja panjang dan kursi berlatar dinding kaca langsung terlihat. Yang menjadi ciri khas dari Bean Roasters! By Cosmorex Coffee ini adalah para pengunjung bisa melihat proses penyangraian biji kopi di balik dinding kaca dan sebelah kanan bangku dan meja, ada meja racik dan mesin pembuat kopi di atasnya serta etalase yang menjual berbagai pastries sebagai pelengkap minum kopi. Michael lalu menunjuk cara menyeduh kopi dengan teknik syphon dengan mencampur 15 gram biji kopi yang dihaluskan dengan 250ml air. Menurut dia, syphon method adalah teknik menyeduh kopi terbaik, apalagi jika kopinya baru saja dihaluskan sehingga masih dalam keadaan segar.

"Ada banyak cara menyeduh kopi, namun yang terpenting adalah kopi disajikan tanpa ampas dan aromanya keluar secara maksimal. Saya lebih memilih teknik ini untuk (menyeduh) kopi yang (berkualitas) bagus, seperti Panama," tuturnya.
“Hasilnya kopi dengan rasa manis yang tertinggal dan tak ada ampas, serta sedikit cita rasa buah,” tambahnya.

Salah satu yang ada di ruangan luas itu adalah mesin roasting berukuran besar yang bisa dilihat dari dinding kaca dari ruangan kafe. Di dekatnya, ada juga mesin pengupas kulit biji kopi.
Michael mengatakan, suhu dan lamanya waktu pada saat proses sangrai sangat memengaruhi kualitas kopi nantinya.  Setiap hari, mereka bisa melakukan dua kali roasting. Sekali roasting, mesin mampu menampung 60 kilogram biji kopi.

"Roasting adalah tahap terpenting dari proses pembuatan kopi sebelum dinikmati. Kami memiliki teknik roasting sendiri yang tentunya rahasia," ucapnya sambil tersenyum.

Teknik roasting yang baik dan tepat, lanjutnya, akan memunculkan cita rasa buah di kopi yang sudah diseduh. Menurut Michael, ini adalah salah satu factor yang membuat kopi Panama dari Bean Roasters! by Cosmorex Coffee meraih penghargaan. (kom/ivn)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar