Dunia

8 Manfaat Madu Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

ilustrasi (Foto: tipskecantikan)

JAKARTA (Riaumandiri.co) - Sekarang ini sudah banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar madu. Namun produk kosmetik tersebut biasanya telah dicampur dengan bahan-bahan kimia yang membahayakan kesehatan kulit maupun kesehatan tubuh yang lain.

Karena itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan madu alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini ada beberapa manfaat madu untuk kulit wajah dan tubuh:

1. Melembabkan kulit wajah
Manfaat madu untuk kulit wajah sebagai pelembab kulit bisa kamu dapatkan dengan cara mengoleskan madu murni secara rutin setiap hari pada wajah, atau kamu bisa juga menambahkan bahan-bahan alami lainnya agar hasilnya maksimal. Tapi tanpa mencampurkan bahan lain juga kamu tetap bisa mendapatkan manfaat dari madu.

2. Melindungi kulit
Kandungan anti jamur, antioksidan serta anti mikroba yang ada di dalam madu bisa membuat kulit kamu terlindung dari radikal bebas.Selain itu, madu juga bisa membantu menyembuhkan luka pada kulit, seperti bintik-bintik merah atau terkenal infeksi.

3. Mencegah penuaan dini
Manfaat madu yang paling sering dicari oleh wanita yaitu mencegah atau mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Dengan mengoleskan madu ke wajah secara rutin, kulit wajah kamu akan terlihat lebih awet muda. Kamu bisa mencampurkan madu dengan 2 sendok air lemon dan sedikit air. Tuangkan beberapa tetes campuran madu tersebut ke kapas bersih. Kemudian usapkan pada wajah setelah dibersihkan.

4. Membersihkan kulit
Madu mempunyai kandungan enzim alami. Jika enzim alami tersebut dicampurkan dengan sedikit air, maka akan berubah menjadi cairan antiseptik yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kulit wajah. Cairan antiseptik madu tersebut tidak akan mengurangi kandungan minyak alami kulit kamu.

5. Menyembuhkan luka
Luka dan infeksi pada kulit kamu bisa diatasi dengan mengkonsumsi madu secara teratur. Madu bisa membantu proses penyembuhan luka pada kulit karena mempunyai kandungan anti mikroba dan gula.

6. Mengatasi jerawat
Masalah jerawat bisa kamu atasi dengan menggunakan masker madu. Oleskanlah madu pada bagian wajah yang berjerawat. Madu akan mengobati dan menghilangkan pembengkakan jerawat tanpa mengurangi kandungan minyak alami kulit kamu. Sehingga kulit tidak akan menjadi kering.

7. Menjaga kecantikan kulit
Kulit kamu akan tetap terjaga kecantikannya dengan rutin mengkonsumsi madu asli. Nutrisi yang terkandung di dalam madu seperti potassium, kalium dan magnesium akan membantu meregenerasi kulit serta mendorong sel untuk menghasilkan kulit yang indah dan sehat.

8. Menghaluskan kulit
Kamu bisa mendapatkan kulit yang halus mulus secara menyeluruh dengan mandi madu. Campurkan beberapa sendok madu ke dalam air yang akan anda gunakan untuk mandi. Jangan lupa, tambahkan juga sedikit minyak zaitun. (skc/vie)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar