Tinjau Mesin Potong Kerupuk Multiguna

Kementerian Desa PDT Kunjungi Rohul

Dampingi Gubernur Riau-Plt Bupati Rokan Hulu, Sukiman foto bersama dengan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman ketika melakukan kunjungan kerja ke Rokan Hulu, belum lama ini.

PASIRPENGARAIAN (riaumandiri.co)-Kementerian  Desa PDT dan Transmigarasi, hari ini Selasa (26/9) dijadwalkan ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Mereka meninjau mesin multiguna pemotong pembuat kerupuk di Desa pasir Agung Kecamatan Bangun Purba Rohul.

Hal ini terungkap pada rapat persiapan yang dihadiri Camat Bangun Purba Suharman Nasution S,pi, Kabid Koperasi di Koperindak, BPMPD dan Pengurus RDM Multiguna, Senin(26/9).

Camat Bangun Purba Suharman Nasuition sebagai Pimpinan rapat mengatakan tim Kementerian yang akan hadir yakni Ivan Rangkuti SE, Msi dan Rekannya Havis Yudha Aprianka. Mereka meninjau mesin  pemotong bahan untuk dijadikan Kerupuk, ciptaan Rudi, salah seorang warga Desa Pasir Agung yang menjadi Objek peningkatan ekonomi masyarakat.

Suharman juga menyampaikan, sebagai bahan baku yang bisa dipotong dengan mesin tersebut,nyakni membuat kerupuk kentang, kerupuk pisang, keladi dan bahan tepung yang dicampur dan selama ini hanya dibuat masyarakat dengan pemotongan manual(potong dengan pisau biasa).

"Alat tersebut adalah satu-satunya yang ada di Indonesia,dan sudah pernah diperlombakan di Tingkat nasional dan mendapat nilai 10 besar Nasional," katanya.
Sementara itu Rudi mengatakan mesin yang diciptakannya ini sudah didistribusikan ke berbagai daerah di Provinsi Riau.

"Bahkan kalau mendapat nilai lima besar pada pekan daerah di Lombok nantinya, dirinya akan dibawa ke Istana Negara menjumpai Presiden," jelasnya.
Bapak satu anak ini juga menyampaikan saat ini keluarganya sanggup membuat berbagai macam kerupuk sampai 20-30 kilogram dalam satu hari.

Hasilnya sudah didistribusikan diberbagai daerah di Kabupaten Rohul ini.(adv/humas)
 


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar