Nasional

6 Tips Mudah Atasi Sakit Gigi Dengan Cepat

6 Tips Mudah Atasi Sakit Gigi Dengan Cepat (Foto: liputan6)

JAKARTA (Riaumandiri.co) - Rasa sakit gigi bikin kamu bakal kesulitan buat makan, mau makan panas atau dingin pasti tambah sakit. Pada akhirnya kamu pun harus ke dokter buat mendapatkan obat agar sakit gigi kamu itu hilang sekaligus berkonsultasi untuk tindakan lebih lanjut.

Tapi terkadang ke dokter tidak bisa seketika, padahal sakit gigi itu tidak bisa ditahan lagi. Nah, ternyata ada banyak cara untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri gigi kamu, cara itu tentu bisa menjadi solusi cepat agar sakit gigi kamu reda dan tidak semakin nyeri.

Berikut 6 tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk atasi sakit gigi yang dilansir dari India Times:

1. Campuran garam dan merica
Garam dan merica tentu bumbu dapur yang gampang ditemukan. Saat kamu sakit gigi, kamu bisa menggunakannya sebagai obat. Campuran itu memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik. Caranya, campurkan garam dan merica dengan perbandingkan yang sama. Lalu tambahkan air dan aduk sampai membentuk semacam pasta. Tempelkanlah pasta itu ke gigi kamu yang sakit.

2. Minyak cengkeh tua
Cengkeh ternyata punya anti-inflamasi, antibakterial, dan anestesi yang dapat membantu menyembuhkan sakit gigi dan mencegah infeksi. Caranya, oleskan minyak cengkeh ke gigi dengan kapas. Bisa juga dengan meneteskan minyak cengkeh itu dalam setengah gelas air, lalu gunakan untuk berkumur-kumur.

3. Air garam hangat
Segelas air garam hangat ternyata menjadi cara paling mudah untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi. Cara ini juga akan membantu mengurangi peradangan dan juga melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.

4. Hindari suku ekstrem
Sikatlah gigi kamu dengan air hangat dan jauhkan gigi dari temperatur ekstrem. Rongga yang ada akan sangat sensitif sehingga es krim, kopi panas, dan minuman lain yang bisa membuat gigi kamu jadi tambah sakit.

5. Gunakan obat batuk
Ternyata obat batuk bisa juga digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat batuk baik itu tablet maupun cair ternyata mengandung sedikit zat anestesi yang dapat meringankan nyeri sakit gigi. Caranya, jangan kunyah tablet obat batuk itu, tapi tetap hisap seperti permen dan tahan di mulut agak lama.

6. Gunakan balsem
Oleskan balsem yang cocok untuk menghilangkan rasa sakit, tapi bukan berarti gusi atau bagian yang sakit yang diolesi langsung. Cukup olesi di pipi yang dengan dengan bagian yang nyeri itu. (bri/vie)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar