Pengurus DPD DMI Rohul Dilantik

Sukiman Berharap Masjid Kembali Ramai

Plt Bupati Rohul H Sukiman melantik DPD Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohul, Selasa (11/10).

PASIR PENGARAIAN (Riaumandiri.co)-Plt Bupati Rohul H. Sukiman, Selasa (11/10) mengukuhkan pengurus DPD Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rokan Hulu, di masjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pengaraian. Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Zulyadaini dipercaya sebagai Ketua DPD DMI Periode 2016-2021.


Pelantikan pengurus DPD DMI ini dilakukan disela-sela kegiatan tabligh Akbar HUT Rohul ke 17. Hadir dalam pengukuhan pengurus DPD DMI Rohul ini, Kepala Operasional  DPP DMI pusat  Musvidarizal, dan sekretaris DPW DMI Riau Mizan Asnawi.


Dalam sambutanya, Plt Bupati Rokan Hulu H Sukiman mengharapkan DPD DMI dapat membuat gebrakan untuk menggairahkan kembali semangat umat muslim untuk meramaikan masjid. Pasalnya menurut pengamatanya, saat ini di Kabupaten Rokan Hulu jumlah masjid semakin banyak namun tidak dibarengi dengan kegiatan meramaikan masjid oleh masyarakatnya.


"Yang paling ironisnya saya lihat, kegiatan umat yang semula dilakukan di masjid sekarang kok malah berpindah ke rumah kiyai, sehingga masjid sepi," Kata Sukiman.


Sukiman mengharapkan DMI dapat mengambil peran dalam mengembalikan fungsi masjid yang dulunya tidak hanya difungsikan sebagai  tempat ibadah,  namun juga berfungsi sebagai tempat pengembangan sosial kemasyarakatan serta pembinaan pribadi masyarakat yang islami.


"Saya meminta DPD DMI dapat mempolopori gerakan revitalisasi dan reoptimalisasi fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tapi pusat aktivitas umat Islam seperti yang dilakukan di zaman Nabi"


Dalam kesempatan itu, Ketua DMI Pusat diwakili Bagian operasional, Muspida Kholil,  menyerahkan bantuan satu unit mobil masjid dari  Ketua  DMI Pusat Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden RI. Bantuan mobil yang diserahkan ini merupakan satu dari 100 unit mobil yang disebar DMI pusat ke kabupaten kota se-Indonesia dan untuk Provinsi Riau.


Dijelaskanya tugas utama mobil  tersebut, untuk memakmurkan masjid dan membantu perbaikan sound System masjid agar dakwah bisa disampaikan dengan baik kepada jamaah. Untuk biaya Operasional mobil dan relawan  akan ditanggung sepenuhnya DPD DMI Rohul, sementara biaya perbaikan alat sound sistem disubsidi oleh DPW DMI Riau.


Sementara itu, Ketua DPD DMI Kabupaten Rokan Hulu H Zulyadaini menyampaikan kepercayaan yang diberikan kepadanya memimpin DPD DMI Rohul merupakan tanggung jawab yang besar. Dia menyatakan  siap membuat gebrakan agar masyarakat rohul kembali meramaikan masjid.


Ditambahkanya, selain tugas utama yaitu memastikan seluruh Sound sistem di masjid berfungsi baik, Zulyadaini menyatakan DPD DMI juga akan Membantu membersihkan sarana masjid, memfasilitasi kebutuhan masjid kepada pemerintah atau pihak terkait lainya sehingga masjid menjadi tempat yang nyaman bagi umat untuk berinteraksi dan selalu ramai dikunjungi. (adv/humas)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar