Nasional

5 Tips Agar Bisa Belajar Dengan Cepat dan Efektif

5 Tips Agar Bisa Belajar Dengan Cepat dan Efektif (Foto: blogspot)

JAKARTA (Riaumandiri.co) - Percaya atau tidak, selalu ada cara untuk meningkatkan kemampuan belajar secara keseluruhan dan cepat. Seperti dikutip dari situs Lifehack, terdapat 5 tips untuk membantu kamu belajar lebih cepat dan efektif:

1. Pilih Lingkungan yang tepat
Lingkungan yang ideal dianggap menjadi tempat terbaik untuk belajar. Lingkungan dapat mempengaruhi c menjadi lebih baik atau lebih buruk. Cari tempat yang sesuai dengan ritme hidup kamu. Jika kamu tidak yakin di mana untuk mulai mencari, kamu juga dapat membayangkan diri kamu belajar di tempat yang berbeda untuk mendapatkan ide baru.

2. Tuliskan kembali
Kamu telah membaca seluruh materi, lagi dan lagi, selama lebih dari 45 menit, ketika akhirnya kamu mengatakan "Oh! Saya pikir saya ingat itu! ". Kamu merenungkan apakah kamu harus menuliskannya untuk diri sendiri, dan kemudian kamu akhirnya menyimpulkan: "Tidak perlu, saya sudah ingat semuanya sekarang,". Dan kemudian kamu berpindah ke halaman buku selanjutnya.

Keesokan paginya kamu bangun dan bersiap-siap untuk pergi ke kelas. Kertas ujian diserahkan kepada kamu dan mata kamu tertuju pada satu pertanyaan, kamu menggaruk kepala kamu dan menyadari apa yang sudah kamu baca semuanya hilang.

Hal ini kerap terjadi pada kita semua, jika kamu ingin belajar lebih cepat untuk menghafal konsep tanpa melalui materi berulang-ulang, kamu harus menuliskan catatan dari apa yang baru saja kamu pelajar dengan tangan. Ketika kamu melakukan itu, ini memberikan otak kamu kesempatan untuk berlatih dan mengingat kembali apa yang baru saja kamu pelajari hingga betul-betul meresap.

3. Asosiasi ide
Dalam rangka mempelajari sebuah hal panjang dan rumit, yang harus kamu lakukan adalah menghubungkan informasi yang baru dikumpulkan dengan informasi yang sudah kamu miliki.

Misalnya, jika kamu memikirkan warna merah menjadi sebuah hal yang "penting", kamu dapat menandai informasi baru yang kamu anggap penting dengan ilusi warna merah pada pikiran kamu. Contoh lain dengan menggunakan sajak untuk menghafal atau bahkan menciptakan cerita kronologis dalam pikiran kamu. Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik kamu akan hal itu, sehingga lebih mudah bagi kamu untuk mempelajari informasi baru.

4. Memberikan olahraga pada otak
Meskipun tidak secara teknis, kemampuan otak juga akan semakin kuat ketika terlatih. Dalam hal memori, kemampuan kognitif, dan kecepatan. Kamu dapat melatih otak kamu dengan belajar hal-hal baru dan bermain permainan yang mengharuskan kamu berpikir.

5. Banyak Membaca
Tidak aneh jika orang yang membaca secara teratur akan lebih cepat memahami materi yang sulit. Dengan membaca, kamu juga akan semakin mudah menyerap informasi tertulis. Perbanyaklah membaca bila ingin jika ingin melatih proses belajar dengan maksimal. (lp6/vie)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar