Pilkada

Ardo: Saya Akan Luncurkan Program Desa Binaan Berbasis Potensi

Ardo Salami Masyarakat Desa Penghidupan, Kecamatan Kampar Kiri Tengah Saat Gelar Kampanye Dialogis (Foto: Ari)
KAKITENG (RIAUMANDIRI.co)- Calon Bupati Kampar, Rahmat Jevary Juniardo akan meluncurkan program desa binaan berbasis potensti. Ia menilai, setiap desa mempunyai potensi berbeda-beda yang bisa dikembangkan menjadi andalan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat.
 
Ardo mengaku akan membuat program desa binaan jika dia terpilih jadi Bupati Kampar priode 2017-2022 mendatang.
 
“Program desa binaan ini adalah dengan cara memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh setiap desa. Sekaligus mesti berdasarkan kecendrungan masyarakatnya juga,” tutur Ardo di Desa Penghidupan, akhir pekan lalu.
 
Lebih lanjut Ardo mencontohkan, jika sebuah desa memiliki potensi peternakan sapi, maka akan diberikan program sapi bergulir. Potensi ini bisa dilihat dari bentuk geografis desa, ketersedian rumput sebagai pakan ternak serta harus dikolerasikan dengan kecendrungan masyarakatnya untuk memelihara sapi. Soal ilmu, masyarakat bisa dilatih P4S sebelum mendapatkan bantuan hewan ternak, agar tak gagap.
 
“Jika ada desa yang berpotensi sebagai destinasi wisata akan kita kembangkan sebagai desa wisata. Jika ada desa yang berpotensi untuk budi daya ikan, akan kita kembangkan sebagai desa penghasil ikan. Selanjutnya desa itu juga akan diupayakan sebagai desa tempat olahan produk ikan,” ujar Ardo memisalkan.
 
Ditambahkannya, selama berkeliling ke berbagai desa di seantero Kabupaten Kampar, Ardo mengaku sudah bisa memetakan secara umum potensi-potensi yang bisa dikembangkan. Sebagian wilayah Kampar sangat cocok sebagai daerah tempat pengembangan tanaman holtikultura seperti cabe, bawang, sayur-sayuran dan lain-lain.(ari)
 
Selengkapnya di Koran Haluan Riau edisi 07 November 2016
 
Editor: Nandra F Piliang




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar