Nasional

Effendi Sianipar: Ekonomi Kerakyatan tak Sekadar Teori

Effendi Sianipar gelar pelatihan ekonomi kerakyatan (Foto: Surya)
Jakarta (RIAUMANDIRI.co) - Anggota DPR RI asal Riau Effendi Sianipar yang juga menjabat Ketua Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) DPP PDI Perjuangan kembali menggelar pelatihan ekonomi kerakyatan.
 
Effendi menyatakan, ekonomi kerakyatan tidak bisa hanya sekadar prinsip maupun teori-teori yang tidak diterapkan di masyarakat.  Namun perlu ada pemberian perhatian utama kepada rakyat kecil lewat program-program operasional yang nyata dan mampu merangsang kegiatan ekonomi produktif di tingkat rakyat sekaligus memupuk jiwa kewirausahaan.
 
"Dalam rangka itu, PDI Perjuangan berkomitmen untuk menumbuhkembangkan semangat wirausaha dan penciptaan wirausaha dan usaha kecil menengah," kata Effendi kepada wartawan usai membuka pelatihan untuk pengusaha kecil dan pelaku ekonomi kerakyatan di Bogor, Rabu (18/1/2017).
 
Pelatihan ini diikuti oleh 95 orang para pengusaha kecil dibidang bengkel, kecantikan, warung makan dan warung kelontong yang ada di Jakarta.
 
Melanjutkan pernyataannya, anggota Komisi IV DPR ini mengatakan, PDI Perjuangan melalui BPEK memberi pemahaman semangat wirausaha, pelatihan teknis terkait dengan bagaimana untuk mendapatkan sumber-sumber pembiayaan, melakukan komunikasi, menyusun proposal pada sumber perbankan disamping manajerial berskala kecil.
 
"PDI Perjuangan juga memberi pelatihan-pelatihan praktis terkait dengan industri skala mikro, bagaimana membuat usaha yang berbasis pangan, misalnya membuat kue, studi kelayakan membuat bakso maupun pelatihan teknis yang lain namun dirasa dibutuhkan dan bisa dilakukan oleh penguaha pemula atau yang akan memulai usaha,"terang Effendi.
 
Bahkan, tambah dia, PDI Perjuangan bisa memfasilitasi pelaku UKM bekerjasama dengan pelaku-pelaku usaha yang lebih besar untuk menjadi bapak angkat kemitraan.
 
Baca juga di Koran Haluan Riau edisi 19 Januari 2017
 
Reporter: Surya Irawan 
Editor: Nandra F Piliang


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar