Pekanbaru

Masalah Sampah tak Kunjung Tuntas, Edwar Sebut Armada Rusak Jangan Jadi Alasan

Sampah

PEKANBARU (riaumandiri.co) - Pelaksana Tugas Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger, menyebut, minimnya armada operasional karena rusak di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru, jangan dijadikan alasan tidak maksimalnya pengangkutan sampah di beberapa ruas jalan di Kota Pekanbaru. Sebab menurut dia, minimnya armada sudah terjadi sejak dulu.

 

 

"Kita minta DLHK untuk mengoptimalkan armada yang ada, jadi penumpukan sampah yang terjadi di Kota Pekanbaru bisa cepat diangkut. Kalau armada kurang itu sudah terjadi sejak dulu, tapi mengapa dulu bisa, kok sekarang tidak. Ada apa, iya toh,? katanya, Jumat (20/1).Meski demikian, evaluasi akan dilakukan terhadap beberapa unit armada pengangkut sampah yang saat ini dalam kondisi rusak, kata Edwar, apakah kerusakan masih bisa diperbaiki, atau dicarikan solusi lain. Seperti dengan mengadakan unit armada baru pengangkut sampah, agar persoalan bisa segera tuntas.

 


Terkait persolan, sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Zulfikri mengaku, kurangnya armada pengangkut menjadi salah satu penyebab tidak maksimalnya penanganan masalah sampah di Pekanbaru. Dari 123 unit armada yang ada,Edwar kini hanya 64 armada saja yang masih layak digunakan untuk operasional."Kita belum bisa mengangkut sampah di Pekanbaru dengan maksimal, jumlah kendaraan operasional kita kurang, selain itu alat berat ada juga yang  rusak. Kami sangat mengharapkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan yang ada dan sama- sama bertanggungjawab terhadap kebersihan Kota Pekanbaru," kata  Zulfikri.

 


Dijelaskannya, permasalahan lain terletak pada minimnya jumlah pekerja, 1.223 THL yang ada dirasa masih kurang menangani masalah sampah di 12 kecamatan dan 83 kelurahan. Karena itu, dia berharap kepada Sekretaris Daerah Pekanbaru, agar tidak mengurangi THL yang ada di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan."Kita berharap THL yang ada tidak dikurangi, kita masih kekurangan, kesadaran masyarakat sangat diperlukan dalam hal ini, kami minta untuk membuang sampah sesuai jadwal, mulai dari pukul 19.00- 06.00 WIB,” imbuhnya. 

 

 

 




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar