Tips & Kesehatan

7 Penyebab Anda Sering Buang Air Kecil

Jakarta (RIAUAMANDIRI.coM)  Anda mungkin pernah atau bahkan sering mengalami sering buang air kecil. Ini tentu mengganggu aktivitas harian Anda juga rasa tidak nyaman.

Dr. Seth Rankin dari London Doctors Clinic menjelaskan beberapa alasan yang memungkinkan Anda menghabiskan banyak waktu bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Pertama, dokter Rankin menjelaskan mengapa tubuh kita perlu buang air kecil secara teratur. Membuang air kecil dilakukan tubuh untuk membuang atau menghilangkan produk-produk limbah. Ini biasanya merupakan tanda sederhana bahwa tubuh terhidrasi dengan baik.

Buang air kecil juga membuat kadar cairan tubuh turun. Jika ini gagal terjadi, Anda akan mendapatkan pembentukan cairan dalam wujud edema yang sering ditunjukkan dengan tanda pergelangan kaki yang bengkak.

Sering buang air kecil bisa jadi pertanda baik. Namun, Anda perlu mengetahui mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Minum terlalu banyak
Banyak yang mengatakan bahwa minum setidaknya dua liter air dalam sehari. Namun, pada beberapa peelitian menunjukkan rata-rata orang membutuhkan sekitar 2 liter air setiap hari untuk kesehatan yang optimal. Penelitian yang sama mencatat bahwa sekitar 1,6 liter berasal dari makanan yang kita makan.

Kandung kemih terlalu aktif
Terlalu sering buang air kecil bisa jadi tanda dari kandung kemih yang terlalu aktif. Ini merupakan keadaan di mana ketika kandung kemih tiba-tiba tidak terkendali, meski Anda kurang minum air. Penyebabnya memang tidak diketahui. Latihan dasar panggul dan latihan kandung kemih dapat membantu mengontrol kandung kemih bersamaan dengan penurunan berat badan dan minum sedikit kafein.

Diabetes
Salah satu gejala utama diabetes adalah perasaan haus yang berlebihan. Penderita diabetes yang tidak terdeteksi sering minum lebih banyak dari biasanya sebelum mereka akhirnya didiagnosa diabetes. Jika Anda khawatir, periksakan ke dokter.

Inkontinensia urine
Penyebab inkontinensia urine bisa terjadi karena kerusakan selama melahirkan. Biasanya orang-orang yang terkena penyakit ini kesulitan menahan buang air kecil terutama saat tertawa, batuk dan juga bersin. Anda bisa melatih otot panggul untuk mengatasinya.

Grogi
Anda mungkin merasa perut atau kandung kemih tidak penuh, tapi saag grogi atau gugup, Anda akan sering buang air kecil. Ini merupakan bagian nyaman dari sistem saraf simpatik, yang merespon terhadap situasi stres. Sehingga, ini melepaskan lonjakan hormon adrenalin ke dalam darah yang pada gilirannya meningkatkan aliran urine.

Kandung kemih yang kecil
Kandung kemih rata-rata mampu menampung 300-500 ml air atau seperti secangkir teh atau satu botol kecil air. Tapi, jika Anda buang air kecil hanya setelah minum satu minuman, mungkin saja Anda memiliki kandung kemih yang kecil. Begitupun jika kandung kemih dalam tekanan atau saat hamil, Anda akan sering buang air kecil.

Kecanduan kopi
Kafein adalah diuretik yang berarti dapat menyebabkan peningkatan produksi urine dan mengurangi volume total cairan tubuh.(mnc/evelin)

 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar