Nasional

Cara Memperpanjang Usia Karet Wiper

Hindari penjemuran wiper di terik matahari agar karet wiper mobil tahan lama.

RIAUMANDIRI.co -  Musim hujan kembali menyapa Indonesia. Salah satu komponen yang begitu diandalkan saat mengemudi dalam kondisi hujan adalah wiper. Tanpanya, tetesan air hujan yang tidak bersih terseka akan semakin memperburuk visibilitas Anda. Jika kondisi wiper mobil Anda sudah buruk, sebaiknya lekas ganti. Jika masih dalam kondisi baik, berikut adalah tips untuk memperpanjang usia karet wiper.

Musuh utama karet wiper adalah panas. Panas bisa membuat kelembaban karet menghilang, dan membuatnya jadi kering. Jika sudah kering, karet wiper tidak mampu kontak maksimal dengan kaca. Hasilnya sapuan wiper jadi buruk. Untuk itu, cara pencegahan terbaik adalah hindari parkir dibawah terik matahari langsung dalam waktu lama.

Banyak orang yang justru mengangkat wiper arm saat mobil terparkir di bawah sinar matahari. Ini justru salah. "Dibalik wiper arm, ada per yang membuat batang wiper menekan kuat wiper blade ke kaca. Jika kondisi terangkat, per tersebut jadi melar dan kehilangan daya pegas. Akibatnya wiper arm tidak akan maksimal menekan wiper blade ke kaca. Sapuannya tidak akan bersih, meski sudah ganti wiper baru," ujar Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Workshop Department, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor.

Selain hindari menjemur mobil di bawah terik matahari,  untuk membuat awet karet wiper. Caranya dengan menyemprotkan cairan silicone spray ke karet wiper. Cairan ini mampu mempertahankan kelembaban karet, sehingga elastisitasnya terjaga. Bersihkan dulu permukaan karet wiper, sebelum menyemprotkan silicone spray. Jika sudah, lap sisa kelebihan cairan yang mungkin ada.(abi/kha)


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar