Tips & Kesehatan

5 Manfaat Madu Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

5 Manfaat Madu Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit (Foto: hariansehat)

JAKARTA (Riaumandiri.co) - Madu memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kamu memiliki madu di rumah? Yuk manfaatkan madu untuk mengatasi berbagai masalah kulit ini, seperti dilansir dari beuatynesia.id!

1. Mengatasi Jerawat
Kombinasi antara madu dan pala sangat baik kamu gunakan sebagai gel anti jerawat lho! Asal kamu tahu, tak hanya madu yang mengandung agen anti bakteri, pala juga mengandung asteringent, anti bakterial, dan anti inflamasi yang baik untuk kulit berjerawat. Campurkan 1/2 sdt pala dengan 2 sdm madu. Kemudian, gunakan sebagai masker atau oleskan di tempat-tempat berjerawat dan diamkan selama semalaman. Kandungan anti bakteri pada madu dan pala sangat baik bagi acne-prone skin. Disarankan  sebelum menggunakannya, diamkan sedikit campuran tersebut di atas kulitmu untuk melakukan tes kulit.

2. Mengatasi Kulit Kering
Untuk menutrisi kulit secara instan, gunakan madu untuk membersihkan wajahmu. Pertama, basahi wajah, ambil madu dan oleskan pada wajahmu. Cuci wajah mengunakan air hangat. Juga, campurkan 2 sdm madu madu dan 1 sdm coconut oil dan  gunakan untuk memijat wajah selama beberapa menit dan bilas setelah 15 menit.

3. Menghilangkan Minyak Pada Wajah
Kabar gembira untuk kulit berminyak! Selain melembapkan, madu juga ampuh untuk membersihkan kelebihan minyak di wajah, lho. Campurkan 1 sdm lidah buaya dan 2 sdm madu dan gunakan untuk membersihkan wajahmu setiap hari. Jika perlu, tambahkan sedikit bubuk kunyit sebagai masker untuk kulit berminyak. Kemudian, diamkan pada wajah sekitar 15-20 menit dan bilas.

4. Menghilangkan Dark Spot dan Acne Scars
Wajahmu terdapat banyak dark spots dan acne scars? Yuk sembuhkan dengan madu! Untuk  mengatasinya, campur lemon dan madu dengan perbandingan 1:1 dan oleskan pada area wajah yang terdapat dark spot serta acne scars. Diamkan selama 30 menit atau semalaman untuk mengurangi acne scars pada wajahmu.

5. Membersihkan Komedo Hitam
Produk penghilang komedo yang biasa kau temukan apakah kurang ampuh untuk membersihkan blackheads? Saatnya beralih menggunakan madu! Untuk membersihkan blackheads, campurkan 1/4 sdm kayu manis dan 2 sdm madu, kemudian oleskan pada area yang terdapat blackheads. Diamkan selama 10-15 menit agar kulitmu makin bersih. Oh iya, jika kamu memiliki kulit sensitif dan alergi, better skip menggunakan kayu manis yah! (bni/vie)


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar